Titah Erick Thohir ke Bank Pelat Merah demi Jaga Momentum Pemulihan Ekonomi

Kompas.com - 06/08/2021, 16:35 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat mengunjungi sentra vaksinasi Covid-19 di Jakarta, Rabu (7/7/2021). Dok. Kementerian BUMNMenteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat mengunjungi sentra vaksinasi Covid-19 di Jakarta, Rabu (7/7/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyambut baik realisasi pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal II-2021 yang mencapai 7,07 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Capaian ini disebut sebagai bukti nyata perekonomian Indonesia sedanga berada pada tahap pemulihan dari dampak pandemi Covid-19.

Namun demikian, Erick mengatakan, tren pemulihan tersebut berpotensi terganggu dengan munculnya varian delta ataupun varian virus corona lainnya. Pasalnya, tingginya penyebaran virus corona bakal berdampak ke penurunan aktivitas perekonomian.

Baca juga: Erick Thohir: Pertamina Punya Kapabilitas Jadi Perusahaan Besar Dunia

"Hal ini tentunya menjadi disrupsi di sektor ekonomi yang terus terpengaruh selama pandemi Covid-19 berlangsung," katanya dalam sebuah webinar, Jumat (6/8/2021).

Mantan bos Inter Milan itu menyebutkan, bank-bank BUMN yang tergabung dalam Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) memiliki peranan penting untuk mengantisipasi hal tersebut.

Guna memaksimalkan potensi perekonomian nasional, anggota Himbara pun telah diminta untuk fokus melakukan pembiayaan ke sektor yang berbeda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kini diminta untuk tidak hanya fokus pada segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), tetapi juga ke segmen usaha ultra mikro. Ini dilakukan dengan membentuk holding ultra mikro yang beranggotakan BRI, PT Permodalan Nasional Mandiri (Persero), dan PT Pegadaian (Persero).

"Selama ini pembiayaan UMKM tentu sudah berjalan dengan baik. Tapi ini harus kita tingkatkan, karena ini adalah backbone dari ekonomi Indonesia, dan juga salah satu kekuatan pembukaan lapangan kerja," tutur Erick.

Kemudian, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk difokuskan untuk melakukan pembiayaan ke pelaku usaha yang berorientasi ekspor. Ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja ekspor nasional.

Baca juga: Erick Thohir Rombak Jajaran Komisaris IFG

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.