Teten Masduki: 2 Tahun Ini Menjadi Periode yang Tak Mudah bagi UMKM

Kompas.com - 12/08/2021, 13:25 WIB
Ilustrasi UMKM makanan dan minuman, umkm adalah, apa itu umkm, kepanjangan umkm, arti umkm, contoh umkm, singkatan umkm, pengertian umkm, umkm artinya Dokumentasi Biro Komunikasi KemenparekrafIlustrasi UMKM makanan dan minuman, umkm adalah, apa itu umkm, kepanjangan umkm, arti umkm, contoh umkm, singkatan umkm, pengertian umkm, umkm artinya

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengungkapkan dua tahun terakhir merupakan perode yang tidak mudah dijalani oleh pelaku UMKM.

Hal itu diungkapkan oleh Teten saat memperingati Hari UMKM yang bertepatan pada hari ini, Kamis (12/8/2021).

“Pada momen ini, saya harap rekan-rekan bisa bertahan menghadapi pandemi dan menjadikan ini sebagai tantangan untuk perubahan ke arah yang lebih baik. Rekan-rekan perlu terus berkreasi untuk bisa beradaptasi di masa sulit ini,” jelas Teten.

Baca juga: Ditargetkan Rampung Agustus 2021, Ini Cara Cek Penerima BLT UMKM Tahap 2

Teten mengungkapkan untuk tetap bertahan di masa sulit ini, pelaku UMKM harus menyesuaikan diri dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Misalkan saja dengan terus beradaptasi, berinovasi, dan berkolaborasi dengan berbagai pihak.

“Semoga kita terus bisa berkreasi, berinovasi, hingga berkolaborasi dan jadikan UMKM sebagai raja di negeri sendiri. Selamat Hari UMKM Nasional untuk rekan-rekan UMKM di seluruh pelosok tanah air,” ujar dia.

Sebelumnya Teten Masduki mengatakan, sektor UMKM sudah mengalami perbaikan, mendekati level sebelum pandemi Covid-19. Hal ini didasari dua indikator yang menunjukkan peningkatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Menkop Teten Sebut Sektor UMKM Hampir Normal Seperti Sebelum Pandemi

 

Pertama, penyerapan kredit perbankan untuk UMKM telah mencapai Rp 1.024 triliun per Mei 2021 atau sebesar 20 persen dari anggaran yang disiapkan mencapai Rp 5.576 triliun.

Indikator kedua, yakni survei riset mandiri yang menunjukkan di kuartal II-2021 sebesar 85 persen UMKM menyatakan sudah kembali ke kondisi normal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.