Kompas.com - 23/08/2021, 14:47 WIB
Ilustrasi Bank Digital ShutterstockIlustrasi Bank Digital
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi mengeluarkan aturan terkait bank digital beberapa hari lalu. Aturan ini tertuang dalam Peraturan OJK (POJK) Nomor 12 tahun 2021 tentang Bank Umum dan POJK 13 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Produk Bank Umum.

Kedua aturan tersebut diterbitkan OJK dalam rangka mengakselerasi transformasi digital untuk lebih inovatif dalam menerbitkan produk dan layanan digital. Selain itu, aturan-aturan tersebut juga menjadi payung hukum bagi bank digital.

Aturan itu pun disambut baik oleh perbankan, baik yang telah resmi meluncur menjadi bank digital, ataupun yang sedang mempersiapkannya.

Baca juga: Aturan Bank Digital Resmi Terbit, Simak Poin-poin Pentingnya

PT Bank Jago Tbk sebagai salah satu bank digital yang telah beroperasi, menilai aturan baru dari OJK mengindikasikan, regulator telah cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi, dan siap mengakomodasi perubahan perilaku masyarakat yang semakin digital.

"Regulasi ini para pelaku di industri bank digital mampu untuk tumbuh secara lebih cepat, berkelanjutan, dan semakin berani berinovasi," ujar Direktur Kepatuhan Bank Jago, Tjit Siat Fun, kepada Kompas.com, Senin (23/8/2021).

Menurutnya, melalui POJK Nomor 13 Tahun 2021, bank digital dapat melakukan uji coba atau piloting review sebelum mengajukan perizinan ke OJK, sehingga perbankan dapat lebih ekspansif dalam mengembangakn produknya, dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mekanisme perizinan baru ini ini memampukan bank digital untuk melahirkan inovasi baru secara cepat tanpa merasa khawatir akan kehilangan momentum," katanya.

Bank Neo Commerce juga menyambut baik penerbitan kedua aturan tersebut. Aturan itu dinilai dapat memberikan kepastian terhadap keberadaan bank digital.

"Kami sangat berterima kasih kepada OJK atas peluncuran POJK yang memperjelas keberadaan bank digital di Indonesia sehingga kami bisa melayani masyarakat Indonesia dengan lebih baik lagi," kata Direktur Utama Bank Neo Commerce, Tjandra Gunawan.

Baca juga: OJK Luncurkan Aturan Terkait Bank Digital

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.