Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Penanggulangan Pandemi, BEI dkk Ajak Investor Transaksi di Pasar Modal Besok

Kompas.com - 16/09/2021, 19:46 WIB
Rully R. Ramli,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Self-Regulatory Organization (SRO) pasar modal Indonesia yang terdiri atas PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mengajak investor untuk bertansaksi besok, Jumat (17/9/2021).

Direktur KSEI Syafruddin mengatakan, pada tanggal tersebut investor dapat melakukan transaksi sekaligus beramal.

Pasalnya, seluruh pendapatan dari transaksi pasar modal pada tanggal 17 September akan digunakan untuk mendukung kegiatan dana sosial untuk penanganan pandemi Covid-19.

Baca juga: BEI Hadirkan Layanan Data untuk UMKM

"Untuk investor pasar modal, dapat berpartisipasi dengan cara melakukan transaksi pasar modal, pada tanggal 17 September 2021. Karena setiap pendapatan yang diterima oleh BEI, KPEI dan KSEI di tanggal tersebut maka akan dialokasikan untuk dana sosial dalam rangka penanggulangan Covid-19," tutur Syafruddin dalam keterangannya, Kamis (16/9/2021).

Syafruddin memperkirakan, dana yang terkumpul pada 17 September mendatang mencapai Rp 5 miliar hingga Rp 8 miliar.

Dana yang terkumpul, dikatakan dia, salah satunya akan disalurkan untuk kegiatan donor darah dan donor plasma untuk mendukung kebutuhan darah nasional.

"Kegiatan tersebut dilakukan untuk mendukung kebutuhan darah untuk disalurkan melalui PMI, karena selama pandemi Covid-19, kebutuhan donor darah dan donor plasma cukup meningkat," kata Syafruddin.

Baca juga: Pendanaan lewat BEI Tahun Ini Jadi yang Terbesar Sepanjang Sejarah

Syafruddin menuturkan, kegiatan ini akan diikuti oleh karyawan SRO maupun masyarakat umum.

Mereka menargetkan 10.000 pendonor, dengan target di DKI Jakarta sebanyak 4.000 pendonor, Surabaya sebanyak 3.050 pendonor, dan sisanya dari daerah lain.

"Dengan bekerjasama dengan PMI, kegiatan penyaluran dana CSR yang akan dilakukan di bulan September dilaksanakan dalam berbagai bentuk di beberapa daerah, antara lain Semarang, Surabaya, Malang, Kediri, Pangkal Pinang, Batam, Bengkulu, Banjarmasin, Makassar, Kendari, dan Mataram," tutur dia.

Diharapkan, kegiatan ini dapat membantu pemerintah dengan harapan apabila Covid-19 dapat kita bantu untuk tanggulangi, maka masyarakat juga dapat bangkit dari sisi sosial maupun sisi ekonominya.

Baca juga: BEI Targetkan 66 Pencatatan Efek Semua Instrumen Terlaksana di Tahun 2021

"SRO berharap agar pandemi Covid-19 segera teratasi dan seluruh masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam upaya penanggulangan Covid-19 tersebut," ucap Syafruddin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com