Madeinindonesia.com Fasilitasi Ekspor Ikan Tuna Beku ke Vietnam

Kompas.com - 29/09/2021, 18:51 WIB
Ekspor ikan tuna yang difasilitasi madeinindonesia.com dok madeinindonesia.comEkspor ikan tuna yang difasilitasi madeinindonesia.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform digital B2B e-commerce, Madeinindonesia.com memfasilitasi ekspor ikan tuna beku ke Vietnam dalam rangka mendukung upaya pemerintah meningkatkan ekspor nasional.

Dalam hal ini, Madeinindonesia.com telah memfasilitasi ekspor yang dilakukan oleh PT Harta Lautan Indonesia. Dalam ekspor kali ini, perusahaan tersebut mengirimkan 27 ton ikan tuna dengan nilai sebesar 83.000 dollar AS. Ekspor dilakukan melalui Pelabuhan Benoa Bali.

Direktur Madeinindonesia.com Kemal Panigoro mengatakan platform B2B e-commerce ini akan selalu siap membantu kegiatan ekspor dari Indonesia, baik bagi eksportir pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Baca juga: Setelah Relokasi Produksi Mesin Cuci dari China, Kini Indonesia Ekspor ke Jepang

“Ini hal yang menggembirakan sebab pembeli sudah melakukan repeat order [mengulang pembelian] hingga saat ini sudah sampai pengiriman yang ketiga,” ungkap Kemal dalam keterangan resmi, Selasa (29/9/2021).

Dia menambahkan bahwa Madeinindonesia.com merupakan gerbang satu pintu untuk ekspor, dalam hal ini memfasilitasi tahapan ekspor mulai dari mencari pembeli, penyediaan logistik, sertifikasi, asuransi, perijinan hingga pembiayaan (financing).

Acara pelepasan ekspor ikan tuna beku ini disaksikan oleh Direktur Kerjasama Pengembangan Ekspor, Kementerian Perdagangan, Marolop Nainggolan dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali, I Wayan Jarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam sambutannya secara terpisah, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi menyatakan apresiasi atas kegiatan ekspor produk perikanan ini.

“Kami sangat mengapresiasi upaya PT Harta Lautan Indonesia dalam upaya mendorong ekspor produk perikanan Indonesia ke pasar Vietnam dan negara ASEAN lainnya, dimana persaingan dan persyaratan pemasarannya sangat ketat,” ujar Didi Sumedi.

Baca juga: Menilik Peluang Sejahtera dari Ekspor Ikan Nila

 

Sementara itu, Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Marolop Nainggolan menyatakan Kemendag mendukung e-commerce dan salah satunya adalah Madeinindonesia.com.

“Kami harapkan Madeinindonesia.com dan pelaku UKM terus meningkatkan ekspor,” tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.