Lantik 3.190 Perwira Transportasi, Pesan Menhub: Jadilah Agen Perubahan

Kompas.com - 29/09/2021, 17:24 WIB
 Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat sedang melantik 3.190 Perwira Transportasi dari sejumlah politeknik dan sekolah tinggi di bawah pengelolaan BPSDMP Kemenhub. Dok. Humas Kemenhub Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat sedang melantik 3.190 Perwira Transportasi dari sejumlah politeknik dan sekolah tinggi di bawah pengelolaan BPSDMP Kemenhub.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meluluskan 3.190 Perwira Transportasi dari sejumlah politeknik dan sekolah tinggi di bawah pengelolaan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kemenhub.

Pelantikan dilakukan langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi terhadap perwira Program Studi Diploma Pola Pembibitan dan Diploma Non Pola Pembibitan, baik itu untuk matra darat, laut, udara dan perkeretaapian.

“Kami berharap agar seluruh perwira transportasi yang dilantik dapat menjadi agen perubahan transportasi yang mampu memajukan transportasi dan menyatukan Indonesia," ujar Budi Karya seperti dikutip dalam keterangan resmi, Rabu (29/9/2021).

Baca juga: Kemenhub Tingkatkan Kualitas SDM di Bidang Perlindungan Maritim

Ia mengatakan, Kemenhub secara konsisten melaksanakan pembangunan sumber daya manusia (SDM) di bidang tansportasi melalui 27 Lembaga pendidikan dan pelatihan transportasi darat, laut, udara, dan kereta api yang tersebar di seluruh Indonesia.

Hal itu sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membangun kualitas SDM di Indonesia guna mewujudkan visi Indonesia Emas di 2045.

"Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan transportasi bertujuan untuk mencetak insan transportasi yang unggul, inovatif, dan berdaya saing," kata Budi Karya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, pendidikan transportasi juga bertujuan agar SDM memiliki pengetahuan, kemampuan, dan sikap yang berorientasi pada pelayanan transportasi berkeselamatan dan berkeamanan.

Serta berpedoman pada peraturan nasional maupun internasional sektor transportasi.

Baca juga: Kemenhub Investigasi Citilink yang Mendarat Darurat karena Anak Kecil

Budi Karya menambahkan, lewat program pendidikan di sektor transportasi ini, lanjutnya, Kemenhub mengupayakan tercapainya kesesuaian (link and match) antara program diklat yang dilaksanakan, dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh regulator, dunia usaha, atau pemangku kepentingan lainnya di sektor transportasi.

"Kemenhub melalui BPSDMP juga terus berusaha untuk meningkatkan pelayanan, meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan," pungkas dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.