Saat Pandemi, UMKM Skincare Ini Malah Sukses Buka Toko Offline

Kompas.com - 06/10/2021, 08:15 WIB
Mila, pemilik usaha make up dan skincare asal Malang, Jawa Timur bernama Mitufaya. Dokumentasi MilaMila, pemilik usaha make up dan skincare asal Malang, Jawa Timur bernama Mitufaya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ulet dan berani mengambil keputusan cocok untuk menggambarkan sifat Mila, pemilik usaha make up dan skincare asal Malang, Jawa Timur dengan brand Mitufaya.

Mitufaya merupakan satu dari sekian banyak brand UMKM lokal yang terpukul oleh pandemi. Namun, Mila bersama suaminya, Taufiq, enggan berputus asa.

Keduanya memutar otak, menyesuaikan strategi dengan perubahan tren pasar, dan bahkan mampu memperluas skala bisnisnya dari hanya berbasis online hingga membuka toko offline di tengah pandemi. Berkat kegigihannya, kini Mitufaya bisa mencatat 5.000 sampai 10.000 transaksi setiap bulannya.

Baca juga: Menko Airlangga Sebut 84 Persen UMKM Sudah Bangkit dari Pandemi Covid-19

Mila menceritakan kisahnya bermula di akhir 2018. Kala itu, Taufiq tengah menderita penyakit sehingga keuangan keluarga pun menjadi sulit.

Berbekal pengalaman dan kegemarannya berjualan sejak SMA, Mila dan Taufiq yang waktu itu masih duduk di bangku kuliah pun mengambil inisiatif untuk memulai bisnis make up berbasis online.

Sejak awal, Mitufaya menerima sambutan baik dari pelanggannya yang kebanyakan merupakan mahasiswa. Bahkan, Mila juga mampu melakukan ekspansi bisnis hingga menjangkau pembeli di luar Malang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian, pada awal 2020, Mila mulai menyiapkan strategi untuk memperluas pasarnya ke ibukota dengan menggandeng sejumlah influencer di media sosial. Namun siapa sangka, pada saat bersamaan, pandemi Covid-19 mulai memukul dan mengubah keadaan.

“Ketika pandemi, kalau dibilang terpuruk memang terpuruk banget. Kita hampir tidak ada pemasukan sama sekali selama satu bulan. Usaha online kami hanya cukup untuk menutup keperluan operasional, termasuk listrik rumah, internet, dan gaji karyawan, sedangkan untuk konsumsi pribadi justru tidak ada. Tapi, kami berprinsip untuk tidak berhenti sesulit apapun, seterpuruk apapun harus tetap jalan,” cerita Mila dalam siaran persnya, dikutip Kompas.com, Rabu (6/10/2021).

Semangat pantang menyerahnya membawa Mitufaya bangkit di tengah tantangan pandemi.

Kemudian, pada November 2020, Mitufaya berhasil membuka toko offline dan beauty studio pertamanya. Mila menggunakan dana tabungan yang telah ia simpan sebelumnya sebagai modal membuka toko.

Baca juga: Ini 4 Kunci UMKM agar Bisa Menembus Pasar Global

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.