IKM Dekorasi Rumah Siap-siap, Pemerintah Bakal Bukakan Akses Pasar

Kompas.com - 11/10/2021, 17:30 WIB
Ilustrasi ekspor dan impor. SHUTTERSTOCKIlustrasi ekspor dan impor.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan membukakan akses pasar bagi para pelaku industri kecil dan menengah (IKM) bidang home decoration.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kemenperin Dody Widodo dalam siaran persnya, Senin (11/10/2021), usai 6 institusi meneken Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang program Aku Siap Ekspor.

“Kolaborasi 6 institusi ini dalam rangka memberikan peningkatan kapasitas berupa pelatihan dan pendampingan, serta pembukaan akses pasar kepada pelaku UKM/IKM yang bergerak di sektor home decoration, dengan jumlah peserta yang telah terkurasi sebanyak 114 IKM,” kata Sekjen Kemenperin, Dody Widodo dalam siaran resminya dikutip Kompas.com, Senin (11/10/2021)

Keenam institusi tersebut yaitu Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonom Kreatif, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), serta Yayasan Business & Export Development Organization.

Baca juga: Bank Mandiri Layani Transaksi Logistik Nasional

Dody mengatakan, Kemenperin mengapresiasi upaya dari semua pihak yang terlibat dalam kerja sama tersebut. Kemenperin berharap kerja sama itu bisa meningkatkan ekspor pelaku UKM guna mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional.

“Karena banyak pelaku IKM kita yang sudah mampu menghasilkan produk yang berdaya saing di kancah global. Hal ini yang perlu terus kita pacu,” ujar Dody.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dody menjelaskan, program Aku Siap Ekspor meliputi kegiatan workshop, webinar, pendampingan, diskusi, dan pameran yang berlangsung sampai 31 Desember 2022.

Sementara itu, Plt. Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Reni Yanita mengatakan, para tenaga pelatih dan pendamping berasal dari berbagai pemangku kepentingan.

“Program Aku Siap Ekspor dipayungi oleh Perjanjian Kerja Sama yang substansinya telah dibahas dan disepakati oleh seluruh pihak,” ujar Reni Yanita.

Baca juga: Dirut Pertamina Duduki Peringkat Ke-17 Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.