E-COMMERCE

Usai Dapat Kesempatan Dialog dengan Jokowi, Asror Ikuti Pelatihan di Kampus UMKM Shopee Solo

Kompas.com - 13/10/2021, 14:37 WIB
Muhammad Kasyful Asror, pemuda asal Desa Muntai, Bengkalis, Riau, berkesempatan belajar bisnis di Kampus Shopee Ekspor di Solo. Muhammad Kasyful Asror, pemuda asal Desa Muntai, Bengkalis, Riau, berkesempatan belajar bisnis di Kampus Shopee Ekspor di Solo.

KOMPAS.com – Muhammad Kasyful Asror merupakan salah seorang pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang memperoleh kesempatan berdialog langsung dengan Presiden Joko Widodo di Riau beberapa waktu lalu. 

Memperoleh kesempatan tersebut, pemuda asal Desa Muntai, Bengkalis, Riau, ini menyampaikan keinginan untuk mengenalkan produk UMKM daerah asalnya ke pasar ekspor. Adapun komoditi Desa Muntai yang berpotensi untuk diperkenalkan hingga mancanegara adalah hasil laut dan karet.

Niat luhur Asror direspons oleh Presiden Joko Widodo. Ia diberi kesempatan untuk belajar bisnis di Kampus UMKM Shopee Ekspor di Solo, Jawa Tengah (Jateng).

Dengan menimba ilmu di Kampus UMKM Shopee Ekspor, Asror diharapkan memperoleh pelajaran dan pendampingan lebih konkret. 

“Pas ketemu Pak Jokowi dan ditawarkan untuk belajar di Kampus UMKM Shopee, rasanya senang dan bersyukur banget. Ya, karena pelatihan ini sejalan dengan mimpi dan cita-cita saya, untuk mengharumkan nama desa saya juga,” ujar Asror.

Selain itu, Asror pun optimistis niatnya terwujud karena platform e-commerce tersebut juga telah memiliki pasar luas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Shopee Buka Kantor di Solo, Gibran: Ini Momentum untuk Pulihkan Ekonomi

Sebagai pelaksana kegiatan pelatihan di Kampus UMKM Shopee Ekspor, Shopee menyambut Asror dengan tangan terbuka. Selama lima hari di Kampus UMKM Shopee Ekspor, tim dari platform e-commerce ini memberikan Asror berbagai pelatihan.

Asror menjabarkan pelatihan yang diberikan terkait potensi berjualan online, pengetahuan ekspor secara umum, copywriting, dan warehousing. Bukan itu saja, tim Kampus Shopee Ekspor juga membagikan insight dan pengetahuan praktis soal merancang dan memulai bisnis.

“Saya tidak menyangka bisa langsung belajar seperti ini. Saya berharap, materi bisnis pemberian dari Shopee dapat menjadi bekal untuk membangun bisnis di dunia digital sekaligus turut mengembangkan potensi daerah saya,” jelas Asror.

Bahkan, lanjut Asror, ia berkesempatan bertukar pengalaman dengan salah satu pemilik UMKM binaan Shopee di Solo yang telah berhasil melakukan ekspor produk, yaitu Ajisai Craft Shop.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.