Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Bebas PPN hingga Ragam Promo KPR, Saat ini Jadi Momen Tepat Untuk Beli Rumah

Kompas.com - 17/10/2021, 15:25 WIB
Rully R. Ramli,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional (Perum Perumnas) menilai, saat ini menjadi momen yang tepat bagi masyarakat untuk membeli properti hunian.

Pasalnya, semenjak merebaknya pandemi Covid-19, pemerintah dan perbankan secara aktif memberikan insentif serta promo, sehingga meringankan tanggungan masyarakat yang ingin memliki rumah baru.

Direktur Pemasaran Perum Perumnas Tambok Setyawati mengatakan, rendahnya bunga kredit pemilikan rumah (KPR) perbankan menjadi salah satu keringanan yang akan diterima masyarakat apabila membeli rumah pada saat ini.

Baca juga: Simak Daftar Suku Bunga Dasar KPR Bank Terbaru, Mana yang Paling Murah?

"Hari ini bunga rendah, semua perbankan. Zaman saya bunga untuk KPR rata-rata 11-12 persen. Hari ini, single digit. Single digitnya juga bukan mendekati 8-9 persen, enggak, di bawah itu. Jadi momentumnya pas sekali," tutur Tambok dalam sebuah diskusi virtual, Minggu (17/10/2021).

Selain itu, sejumlah perbankan menyediakan ragam promo untuk mendongkrak tingkat KPR.

Salah satu bentuk promo yang ditawarkan beberapa bank ialah program libur bayar angsuran untuk beberapa waktu.

"Jadi angsurannya nanti dulu. Sekarang cukup bayar bunga," kata Tambok.

Pada saat bersamaan, untuk meringankan biaya kepemilikan rumah, pemerintah masih menerapkan insentif berupa Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) atas properti.

Baca juga: Rumus Bunga KPR dan Cara Menghitungnya

Dengan adanya fasilitas tersebut, pemerintah menanggung 100 persen PPN untuk properti baru siap huni, hingga Desember 2021.

"Jadi menurut saya jangan sampai kesempatan yang baik ini lewat begitu saja," ujar dia.

Perumnas menawarkan berbagai program uang muka atau down payment (DP) dan cicilan ringan untuk memfasilitasi masyarakat, khususnya generasi muda, memiki rumah.

"Mulai DP yang sangat ringan, bunganya bersaing, dan bisa jangka panjang, sehingga sangat terjangkau, di bawah Rp 5 juta angsurannya. Bahkan nanti kita punya yang angsurannya mulai Rp 800.000-an, jadi enggak perlu khawatir," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com