Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Platform Ini Produk Lokal Bisa Mendunia

Kompas.com - 28/10/2021, 17:12 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Ina Product Indonesia resmi meluncurkan platform Inaproduct.com sebagai direktori produk Indonesia.

Platform yang merupakan hasil kerja sama Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), Kementerian Perdagangan (Kemendag), dan PT Ina Product ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM di Tanah Air untuk menjalankan dan memasarkan bisnisnya.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Mikro (UKM) Teten Masduki menyambut baik kerja sama yang bisa melahirkan platform tersebut. Dia berharap Inaproduct.com dapat membantu UMKM memasarkan produknya kepada dunia.

Baca juga: Benarkah Inovasi Akan Meningkatkan Kinerja UMKM?

"Kami menyambut baik kerja sama ini. Dengan adanya Inaproduct.com ini saya berharap semakin mudah UMKM kita bertemu dengan buyer di dunia," ujar Teten dalam penandatangan Nota Kesepahamaman antara Kemenkop UKM, Kemendag dengan PT ina Product secara virtual, Kamis (10/27/2021).

Teten menjelaskan, tadinya platform ini ingin dibuat langsung oleh Kemenkop UKM. Namun, agar platform ini bisa dikelola secara bisnis dan bukan birokrasi, maka harus dikelola oleh swasta.

Sementara itu, Deputi Kemenkop UKM, Hanung Harimba, menjelaskan, platform tersebut merupakan portal katalog digital yang terintegrasi dan ditargetkan bisa dimanfaatkan 800.000 UKM di Indonesia.

Selain sebagai platform B2B, Inaproduct.com juga melakukan kegiatan pelatihan UKM pameran, penjajakan kerja sama bisnsi, riset, hingga studi banding.

"Ini hanya sebagai data untuk memudahkan atau mempertemukan antara pembeli dan penjual," kata Hanung.

Direktur PT Ina Produk Indonesia, Budihardjo Iduansjah mengatakan, produk yang dapat dipasarkan melalui platform Inaproduct.com khusus untuk produk dan merek lokal.

Tak hanya barang jadi, namun juga bahan mentah yang dibutuhkan UKM dalam kegiatan produksi.

Pihaknya pun dalam waktu dekat menargetkan bisa menggaet setidaknya 5.500 perusahaan kelas besar, 4.400 lebih perusahaan menengah, dan 193.000 usaha kecil.

Baca juga: UMKM Mau Tingkatkan Penjualan? Coba Strategi Omnichannel

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com