KILAS

Maknai Sumpah Pemuda, Telkom Satukan Rakyat Indonesia lewat Satelit HTS 113 BT

Kompas.com - 28/10/2021, 18:28 WIB
Direktur Utama Telkomsat Endi Fitri Herlianto dan President and CEO Thales Alenia Space Hervé Derrey menandatangani kerja sama pembangunan High Throughput Satellite (HTS) di slot orbit 113 BT, Kamis (28/10/2021).
DOK. Humas TelkomDirektur Utama Telkomsat Endi Fitri Herlianto dan President and CEO Thales Alenia Space Hervé Derrey menandatangani kerja sama pembangunan High Throughput Satellite (HTS) di slot orbit 113 BT, Kamis (28/10/2021).

KOMPAS.com – Direktur Enterprise and Business Service PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Edi Witjara mengatakan, TelkomGroup selalu berkomitmen memberikan konektivitas, platform, dan layanan digital bagi seluruh rakyat Indonesia.

Hal ini pun diwujudkan dengan penandatanganan kerja sama antara Telkom melalui melalui anak perusahaannya, PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat) dengan Thales Alenia Space untuk membangun high throughput satellite (HTS) di slot orbit 113 Bujur Timur (BT).

Penandatanganan itu dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda ke-93 yang jatuh pada 28 Oktober 2021.

Memaknai semangat yang sama, Satelit HTS 113 BT ini juga menjadi wujud pemersatu ribuan pulau di Indonesia dan menghubungkan semakin banyak rakyat Indonesia, demi terwujudnya kedaulatan digital.

Kerja sama itu merupakan upaya pemerataan konektivitas di seluruh Indonesia demi terwujudnya lingkungan digital.

 

Baca juga: Telkom Raih Penghargaan Gender Inclusive Workplace dari UN Women

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasalnya, pembangunan HTS akan menggunakan frekuensi C-Band/Ku-Band dengan jangkauan yang lebih luas dan kualitas yang andal.

“Satelit HTS 113 BT yang memiliki posisi strategis di atas Indonesia bagian tengah ini, akan semakin memperkuat infrastruktur konektivitas digital di Indonesia dan melengkapi infrastruktur terestrial maupun kabel laut yang telah kami miliki,” ujar Edi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (28/10/2021).

Senada dengan yang disampaikan Edi Witjara, Direktur Utama Telkomsat Endi Fitri Herlianto menambahkan, Satelit HTS 113 BT akan membantu penguatan kapasitas, kualitas, dan kapabilitas konektivitas digital di Indonesia.

“Terutama di daerah yang belum terjangkau dan minim jaringan terrestrial. Semoga langkah ini dapat mendukung terwujudnya kedaulatan digital Indonesia,” tuturnya.

Baca juga: Telkom Dorong Kreator Gim Lokal Hasilkan Karya Mendunia

Adapun, penandatanganan kerja sama dilakukan secara daring oleh Direktur Utama Telkomsat Endi Fitri Herlianto dan President and CEO Thales Alenia Space Hervé Derrey dari lokasi masing-masing, Kamis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.