Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Maknai Sumpah Pemuda, Telkom Satukan Rakyat Indonesia lewat Satelit HTS 113 BT

Kompas.com - 28/10/2021, 18:28 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Direktur Enterprise and Business Service PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Edi Witjara mengatakan, TelkomGroup selalu berkomitmen memberikan konektivitas, platform, dan layanan digital bagi seluruh rakyat Indonesia.

Hal ini pun diwujudkan dengan penandatanganan kerja sama antara Telkom melalui melalui anak perusahaannya, PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat) dengan Thales Alenia Space untuk membangun high throughput satellite (HTS) di slot orbit 113 Bujur Timur (BT).

Penandatanganan itu dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda ke-93 yang jatuh pada 28 Oktober 2021.

Memaknai semangat yang sama, Satelit HTS 113 BT ini juga menjadi wujud pemersatu ribuan pulau di Indonesia dan menghubungkan semakin banyak rakyat Indonesia, demi terwujudnya kedaulatan digital.

Kerja sama itu merupakan upaya pemerataan konektivitas di seluruh Indonesia demi terwujudnya lingkungan digital.

 

Baca juga: Telkom Raih Penghargaan Gender Inclusive Workplace dari UN Women

Pasalnya, pembangunan HTS akan menggunakan frekuensi C-Band/Ku-Band dengan jangkauan yang lebih luas dan kualitas yang andal.

“Satelit HTS 113 BT yang memiliki posisi strategis di atas Indonesia bagian tengah ini, akan semakin memperkuat infrastruktur konektivitas digital di Indonesia dan melengkapi infrastruktur terestrial maupun kabel laut yang telah kami miliki,” ujar Edi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (28/10/2021).

Senada dengan yang disampaikan Edi Witjara, Direktur Utama Telkomsat Endi Fitri Herlianto menambahkan, Satelit HTS 113 BT akan membantu penguatan kapasitas, kualitas, dan kapabilitas konektivitas digital di Indonesia.

“Terutama di daerah yang belum terjangkau dan minim jaringan terrestrial. Semoga langkah ini dapat mendukung terwujudnya kedaulatan digital Indonesia,” tuturnya.

Baca juga: Telkom Dorong Kreator Gim Lokal Hasilkan Karya Mendunia

Adapun, penandatanganan kerja sama dilakukan secara daring oleh Direktur Utama Telkomsat Endi Fitri Herlianto dan President and CEO Thales Alenia Space Hervé Derrey dari lokasi masing-masing, Kamis.

Turut hadir menyaksikan, jajaran komisaris dan senior leaders Telkomsat serta beberapa perwakilan dari Thales Alenia Space.

Thales Alenia Space dipercaya Telkomsat sebagai kontraktor utama yang bertanggung jawab atas desain, konstruksi, pengujian, dan pengiriman satelit.

Selain itu, Thales Alenia Space juga bertanggung jawab terhadap fase early orbital positioning phase (LEOP) dan in-orbit tests (IOT). 

Thales Alenia Space akan mendukung penuh pengendalian ground control dan akan melatih tim engineer Telkomsat selama berjalannya perjanjian kerja sama tersebut.

Baca juga: Lewat Digitalisasi, Telkom dan ITDC Siap Dukung Pengembangan Wisata Mandalika

Dukungan lainnya juga akan diberikan oleh Thales Alenia Space sepanjang masa pakai satelit.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com