Gempa Magnitudo 6,7 Guncang Banten, PLN Pastikan Sistem Kelistrikan Jawa-Bali Aman

Kompas.com - 14/01/2022, 18:17 WIB
Gempa Banten Guncang Jakarta KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoGempa Banten Guncang Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) memastikan sistem kelistrikan di wilayah Jawa, Madura, dan Bali dalam kondisi aman usai gempa berkekuatan magnitudo 6,7 di Kabupaten Pandeglang, Kecamatan Sumur, Banten pada Jumat (14/1/2022) pukul 16.05 WIB.

"Berdasarkan laporan dari tim kami di lapangan, secara umum, kondisi kelistrikan Jawa Madura Bali dalam kondisi aman," ujar Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN Agung Murdifi dalam keterangannya Jumat (14/1/2022).

Ia mengatakan, saat ini PLN masih menurunkan tim di lapangan untuk memastikan lebih lanjut bahwa semua infrastruktur kelistrikan terutama di wilayah Banten tetap beroperasi. Saat ini daya pasok sistem Jawa-Madura-Bali sebesar 24,5 giga watt (GW).

Baca juga: Ini 7 BUMN yang Dapat Suntikan Modal Negara pada 2022

Agung mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik, serta dapat melapor ke PLN jika terjadi gangguan listrik.

"Seluruh pelanggan bisa melapor melalui aplikasi PLN Mobile atau menghubungi Contact Center PLN 123 apabila terdapat gangguan kelistrikan yang dialami di sekitarnya," kata Agung.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan Sumber gempa berasal dari 52 kilometer barat daya Sumur, Banten, dengan kedalaman 10 kilometer. BMKG menyatakan, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Baca juga: Cara Daftar dan Mengaktifkan Mobile Banking BRI

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.