Apa Itu Profit dan Kenapa Profit Penting untuk Bisnis?

Kompas.com - 17/01/2022, 15:10 WIB

KOMPAS.com - Profit adalah sesuatu yang banyak dicari pengusaha, pedagang, hingga investor. Lantas, apa itu profit dan kenapa profit sangat penting dalam bisnis?

Setiap bisnis tentu bertujuan untuk mendapatkan profit. Perolehan profit yang besar pada laporan keuangan suatu perusahaan, mengindikasikan bisnis tersebut berjalan dengan baik.

Intinya, profit sangat penting untuk pertumbuhan dan kemakmuran perusahaan yang berkelanjutan. Sebab, profit adalah tolak ukur dari suatu bisnis. 

Apa itu profit?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indnesia, arti profit adalah untung, keuntungan, atau manfaat. Dalam istilah lainnya, orifit juga kerap disebut sebagai laba.

Baca juga: Pengertian Laporan Keuangan dan Contoh Mudahnya

Mengutip situs Indeed, arti profit adalah pendapatan yang tersisa atau keuntungan setelah pendapatan dikurangi semua pengeluaran dan biaya-biaya seperti pajak.

Seoragn pemilik bisnis dapat menyimpan profitnya atau menginvestasikannya kembali ke dalam perusahaan untuk mendorong pertumbuhan dan menciptakan lebih banyak profit

Dalam usaha kecil, profit biasanya langsung dikantongi pemilik perusahaan. Namun, pada perusahaan publik, perusahaan wajib membayar keuntungan kepada pemegang saham dalam bentuk dividen.

Jenis-jenis profit

Dalam laporan laba rugi, umumnya perusahaan mencantumkan tiga jenis profit utama. Setiap jenis profit memberikan pemimpin perusahaan dan pemangku kepentingan lainnya mengetahui keadaan perusahaan.

Baca juga: Pengertian dan Contoh Nota Kredit

Berikut ini akan menjelaskan definisi dari jenis-jenis profit.

1. Gross profit atau laba kotor

Gross profit adalah jenis profit pertama yang tercantum pada laporan laba rugi dan seringkali menjadi angka yang paling tinggi dari lainnya.

Profit adalah sesuatu yang banyak dicari pengusaha, pedagang, hingga investor. Lantas, apa itu profit dan kenapa profit sangat penting dalam bisnis?freepik.com/ pch.vector Profit adalah sesuatu yang banyak dicari pengusaha, pedagang, hingga investor. Lantas, apa itu profit dan kenapa profit sangat penting dalam bisnis?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.