Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Laporan Keuangan dan Contoh Mudahnya

Kompas.com - 03/12/2021, 13:55 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Muhammad Idris

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, laporan berarti segala sesuatu yang dilaporkan. Sementara laporan keuangan adalah laporan mengenai data keuangan yang berasal dari pembukuan.

Dikutip dari Investopedia, laporan keuangan adalah catatan tertulis yang menyampaikan kegiatan bisnis dan kinerja keuangan perusahaan. Contoh laporan keuangan sering diaudit oleh lembaga pemerintah, akuntan, firma untuk memastikan keakuratan dan untuk tujuan pajak, pembiayaan, atau investasi.

Investor dan analis keuangan mengandalkan data keuangan untuk menganalisis kinerja perusahaan dan membuat prediksi tentang arah masa depan harga saham perusahaan. Salah satu sumber terpenting dari data keuangan yang dapat diandalkan dan diaudit adalah laporan tahunan, yang berisi laporan keuangan perusahaan.

Laporan keuangan adalah digunakan oleh investor, analis pasar, dan kreditur untuk mengevaluasi kesehatan keuangan dan potensi pendapatan perusahaan. Tiga hal utama dalam laporan keuangan adalah neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas.

Baca juga: Pengertian Retribusi dan Contohnya

Laporan laba rugi terutama berfokus pada pendapatan dan beban perusahaan selama periode tertentu. Setelah biaya dikurangkan dari pendapatan, laporan keuangan tersebut menghasilkan angka laba perusahaan yang disebut laba bersih.

Laporan arus kas mengukur seberapa baik perusahaan menghasilkan uang tunai untuk membayar kewajiban utangnya, mendanai biaya operasionalnya, dan mendanai investasi.

Jenis laporan keuangan

1. Neraca

Neraca di laporan keuangan mengidentifikasi bagaimana aset didanai, baik dengan kewajiban, seperti utang, atau ekuitas pemegang saham, seperti laba ditahan dan tambahan modal disetor. Aset terdaftar di neraca dalam urutan likuiditas.

Kewajiban dicantumkan dalam urutan pembayarannya. Kewajiban jangka pendek atau lancar diharapkan akan dibayar dalam satu tahun, sedangkan kewajiban jangka panjang atau tidak lancar adalah hutang yang diharapkan akan dibayar dalam waktu lebih dari satu tahun.

Baca juga: Deretan 10 Negara Termiskin di Dunia

Ilustrasi neraca laporan keuangan.SHUTTERSTOCK/WILLIAM POTTER Ilustrasi neraca laporan keuangan.

2. Laporan laba rugi

Berbeda dengan neraca, laporan laba rugi mencakup rentang waktu, yaitu satu tahun untuk laporan keuangan tahunan dan seperempat untuk laporan keuangan triwulanan. Laporan laba rugi di laporan keuangan adalah memberikan gambaran tentang pendapatan, beban, laba bersih dan laba per saham. Biasanya menyediakan dua sampai tiga tahun data untuk perbandingan.

Laporan laba rugi adalah salah satu dari tiga laporan keuangan penting yang digunakan untuk melaporkan kinerja keuangan perusahaan selama periode akuntansi tertentu. Lapuran keuangan ini juga dikenal sebagai laporan laba rugi atau laporan pendapatan dan beban.

Laporan laba rugi terutama berfokus pada pendapatan dan beban perusahaan selama periode tertentu. Setelah biaya dikurangkan dari pendapatan, laporan keuangan tersebut menghasilkan angka laba perusahaan yang disebut laba bersih.

3. Laporan arus kas

Laporan keuangan lainnya yaitu laporan arus kas mengukur seberapa baik perusahaan menghasilkan uang tunai untuk membayar kewajiban utangnya, mendanai biaya operasionalnya, dan mendanai investasi. Laporan arus kas melengkapi neraca dan laporan laba rugi di laporan keuangan.

Baca juga: Mengenal Transfer SKN serta Bedanya dengan RTGS dan Real Time Online

Laporan arus kas memungkinkan investor untuk memahami bagaimana operasi perusahaan berjalan, dari mana uangnya berasal, dan bagaimana uang dibelanjakan. Contoh laporan keuangan ini juga memberikan wawasan tentang apakah perusahaan memiliki pijakan keuangan yang kokoh.

Meskipun laporan keuangan adalah memberikan banyak informasi tentang perusahaan, laporan keuangan juga memiliki keterbatasan. Pasalnya, investor sering menarik kesimpulan yang sangat berbeda tentang kinerja keuangan perusahaan dengan melihat data laporan keuangan.

Misalnya beberapa investor mungkin menginginkan pembelian kembali saham, sementara investor lain mungkin lebih suka melihat uang itu diinvestasikan dalam aset jangka panjang. Tingkat utang perusahaan mungkin baik-baik saja untuk satu investor sementara yang lain mungkin khawatir tentang tingkat utang bagi perusahaan.

Saat menganalisis contoh laporan keuangan, penting untuk membandingkan beberapa periode untuk menentukan apakah ada tren serta membandingkan hasil perusahaan dengan rekan-rekannya di industri yang sama.

Baca juga: Apa Itu Pajak Penghasilan Orang Pribadi dan Bagaimana Menghitungnya?

Contoh laporan keuangan yang bisa dijadikan rujukan untuk membuat laporan keuangan:

 

contoh laporan keuangan contoh laporan keuangan

Dengan demikian laporan keuangan adalah sangat penting untuk menilai kondisi usaha dan sebagai bahan evaluasi. Contoh laporan keuangan juga sebagai betuk pertanggungjawaban perusahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com