Mirae Asset Sekuritas Indonesia Buka Investment House di Jakarta

Kompas.com - 25/01/2022, 16:00 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia membuka kantor perwakilan baru bernama The Investment House by Mirae Asset Sekuritas Indonesia yang dirancang sebagai galeri edukasi dan pusat investasi pasar modal di Pacific Century Place, SCBD (Sudirman Central Business District), Jakarta.

CEO Mirae Asset Sekuritas, Tae Yong Shim mengungkapkan, galeri edukasi dan pusat investasi ini dibuka untuk mengakomodasi kebutuhan investor agar dapat memiliki akses informasi serta meningkatkan literasi dan inklusi keuangan publik mengenai pasar modal.

“Kami menyediakan solusi dan layanan investasi yang komprehensif termasuk (namun tidak terbatas pada) saham, obligasi, investment banking, reksa dana, research dan banyak lagi. Melalui Rumah Investasi ini, kami berharap dapat melayani nasabah kami dengan lebih baik dengan transaksi khusus yang kompleks,” kata Tae Yong Shim dalam siaran pers, Selasa (25/1/2022).

Baca juga: Mirae Asset Sekuritas: Dampak Tapering Tak Akan Separah Tahun 2013

Dengan jumlah investor ritel yang terus tumbuh, memacu Mirae Asset untuk mengembangkan industri pasar modal di segmen ritel, melalui pembukaan galeri edukasi. Berdasarkan data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per Desember 2021, jumlah SID (single investor identification) di Jakarta mencapai 14,78 persen dari jumlah total SID di Pulau Jawa.

Porsi aset investor di Pulau Jawa mencapai 96,2 persen dari jumlah total aset investor pasar modal. Sebanyak 84,11 persen dari jumlah aset itu adalah investor yang berdomisili di Jakarta yang nilai asset keseluruhannya mencapai Rp 3.240 triliun.

Dengan jumlah penduduk Jakarta sebanyak 10 juta jiwa, diyakini menjadi peluang untuk mendongkrak pertumbuhan investor ritel di Jakarta dan kawasan lainnya. Pada 2021, KSEI mencatat jumlah total investor pasar modal Indonesia sebanyak 7,4 juta orang.

Baca juga: Mirae Asset Targetkan Pertumbuhan Transaksi Nasabah Naik 17 Persen Tahun Ini

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa, Bursa Efek Indonesia Laksono W. Widodo mengapresiasi inisiatif dari perusahaan sekuritas tersebut. Dia beharap melalui galeri investasi dan edukasi ini dapat menjadi one stop solution bagi investor.

“Ini merupakan gagasan luar biasa sebagai one stop solution bagi investor dan calon investor dalam melakukan perjalanan finansial mereka. Bursa Efek Indonesia menyambut baik Investment House ini serta akan mendukung upaya positif ini,” ujar Laksono.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.