Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IATA Banting Setir ke Bisnis Batu Bara, Akuisisi Bhakti Coal Resources Senilai Rp 2 Triliun

Kompas.com - 10/02/2022, 13:46 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MNC Energy Investments Tbk (IATA) yang sebelumnya bernama PT Indonesia Transport & Infrastructure Tbk resmi melakukan akuisisi anak usaha PT MNC Investama Tbk (BHIT), PT Bhakti Coal Resources (BCR) senilai Rp 140 juta dollar AS atau setara dengan Rp 2 triliun (kurs Rp 14.348 per dollar AS).

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengungkapkan, IATA akan mengambil alih sebesar 99,33 persen saham milik PT Bhakti Coal Resources (BCR).

Akuisisi ini dilakukan untuk menyelamatkan IATA dari kerugian yang lebih dalam, mengingat saat ini bisnis penerbangan charter sedang lesu.

Baca juga: IATA Ganti Nama Jadi MNC Energy Investments, Banting Setir ke Investasi Batu Bara

“Akuisisi 99,33 persen atau seluruh BCR senilai 140 juta dollar. Jadi ini merupakan konsolidasi dimana IATA yang tadinya terpuruk merubah bisnisnya ke sektor pertmbangan batu bara. Ke depannya kami akan ekspansi dan ini juga sudah menjadi bisnis inti MNC Grup, bukan bsinis bisasa,” kata Hary dalam konferensi pers, Kamsi (10/2/2022).

Hary mengatakan, BCR yang merupakan perusahaan induk dari sembilan perusahaan batu bara dengan izin usaha pertambangan (IUP) di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Adapun anak BCR mencakup PT Bhumi Sriwijaya Perdana Coal (BSPC) dan PT Putra Muba Coal (PMC), yang mana keduanya sudah beroperasi dan aktif menghasilkan batu bara.

Baca juga: Harga Batu Bara Acuan Melonjak ke 188,38 Dollar AS, Ini Sebabnya

Lainnya, seperti PT Indonesia Batu Prima Energi (IBPE) dan PT Arthaco Prima Energi (APE), keduanya ditargetkan untuk memulai produksi batu bara dalam tahun ini.

Sementara IUP yang sedang dipersiapkan mencakup, PT Energi Inti Bara Pratama (EIBP), PT Sriwijaya Energi Persada (SEP), PT Prawira Sriwijaya (TPS), PT Primaraya Energi (PE), dan PT Putra Mandiri Coal (PUMCO).

Baca juga: Perkuat Bisnis Properti dan Konten Digital, MNC Group Jalin Kerja Sama dengan Jasamarga

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com