PT PP Genjot Pembangunan Fasilitas Penunjang MotoGP Mandalika

Kompas.com - 14/02/2022, 17:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PP (Persero) Tbk (PTPP), perusahaan konstruksi dan investasi kejar target pembangunan fasilitas penunjang ajang MotoGP Mandalika 2022. Direktur Utama PTPP Novel Arsyad mengatakan, seluruh pekerjaan penunjang diproyeksikan dapat selesai di awal Maret 2022 sebelum Pertamina Grand Prix of Indonesia dimulai.

“PTPP berbangga telah dipercaya menjadi sebagian besar dalam pembangunan pengembangan Kawasan Mandalika, terutama Pertamina Mandalika International Street Circuit sebagai tuan rumah MotoGP Indonesia. Selamat datang kembali kepada MotoGP ke Indonesia setelah 27 tahun lamanya. Junjung terus sportivitas, selamat bersenang-senang di Lombok, salah satu surga terbaik di Indonesia,” ujar Novel dalam keterangan resminya, dikutip Senin (14/2/2022).

PTPP dipercaya mengerjakan Grandstand untuk tribun penonton yang hingga kini progres pengerjaan Grandstand VIP Village berada di 47,54 persen. Grandstand tersebut memiliki kapasitas total 50.634 kursi dan VIP Village seluas 8.438,5 meter persegi dengan kapasitas 2.128 kursi di VIP Lounge dan 1.056 kursi di tribun VIP.

Baca juga: PPKM Luar Jawa Bali Diperpanjang, Wilayah Level 3 Naik Jadi 118 Kabupaten dan Kota

PTPP turut membangun Observation Deck di Bukit 360 yang ditujukan untuk tamu VVIP dan hingga kini progressnya telah berada di 30 persen. Novel bilang, fasilitas penunjang tersebut diharapkan dapat selesai sebelum Maret 2022.

Novel menjelaskan, PTPP juga akan mengerjakan beberapa pekerjaan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Penataan koridor Kawasan Mandalika yaitu lanskap Bundaran BIL yang kini sudah mencapai 91,12 persen, lanskap Bundaran Sunggung yang sudah mencapai 32,78 persen, lanskap Bundaran Tri Putri yang sudah mencapai 30 persen dan pekerjaan pedestrian area di depan sirkuit yang sudah mencapai 15,33 persen yang ditargetkan selesai di akhir bulan Februari 2022.

Selanjutnya, pelebaran jalan dan lanskap Kuta - Keruak sepanjang 5,5 kilometer kini progress pekerjaannya sudah berada di 41,86 persen dan ditargetkan selesai di bulan Agustus 2022. PTPP pun berpartisipasi dalam pekerjaan Mandalika Urban Tourism Infrastructure Project (MUTIP) yang hingga kini progresnya sudah mencapai 26,69 persen dan ditargetkan selesai di Juni 2023.

Baca juga: Cara Mudah Cek ID Pelanggan PLN

Sebagai informasi, Pertamina Mandalika International Street Circuit sepanjang 4,3 kilometer dan memiliki 17 tikungan ini dibangun oleh PTPP dalam waktu 14 bulan. Adapun pembangunan lintasan utama telah sesuai dengan standar mutu dari Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM) dengan kategori sirkuit kelas A.

Guna memberikan kualitas terbaik, PTPP menerapkan campuran aspal khusus yang digunakan pada sirkuit balap, yaitu Stone Mastic Asphalt yang diklaim memiliki keunggulan daya cengkram roda yang tinggi. Novel Arsyad berujar lintasan utama sirkuit ini dapat ditempuh dengan kecepatan puncak 310 kilometer per jam. (Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Handoyo)

Baca juga: Mulai Minggu Depan, Masa Karantina dari Luar Negeri Dipangkas Jadi 3 Hari

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: PTPP Kebut Pembangunan Fasilitas Penunjang Ajang MotoGP Mandalika 2022

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.