PPKM Luar Jawa Bali Diperpanjang, Wilayah Level 3 Naik Jadi 118 Kabupaten dan Kota

Kompas.com - 14/02/2022, 17:24 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah kembali memperpanjang PPKM Level 3 di wilayah luar Jawa-Bali dari tanggal 15 Februari hingga 28 Februari 2022.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, Perpanjangan ini diambil lantaran varian Omicron diprediksi mencapai puncak kasus pada 2-3 minggu ke depan.

"Periode pelaksanaan hingga 14 hari ke depan, yaitu dari tanggal 15-28 Februari 2022," kata Airlangga dalam konferensi pers perpanjangan PPKM, Senin (14/2/2022).

Baca juga: PPKM Level 3 Minggu Ini, Pengunjung Tempat Wisata dan WFO Naik Jadi 50 Persen

Airlangga mengungkapkan, level asesmen ditentukan oleh beberapa kriteria, baik dari transmisi yaitu jumlah kasus kematian, rawat inap, dan kapasitas respons; hingga testing, tracing, dan treatment.

Lalu, ditambah akselerasi vaksinasi dosis 2 minimal 45 persen dan akselerasi vaksin untuk lansia minimal 60 persen. Jika sebuah wilayah tidak mencapai kriteria tersebut, level asesmen dinaikkan menjadi 1 level PPKM.

Baca juga: Pengelola Mal: Kami Harap PPKM Level 3 Tidak Berlangsung Lama agar Usaha Tidak Terpuruk Lagi

Tak heran, ada sekitar 118 kabupaten/kota yang ditetapkan menjadi PPKM Level 3 dari sebelumnya hanya 14 kabupaten/kota.

"PPKM Level 3 meningkat dari 14 kabupaten/kota jadi 118 kabupaten/kota. Ini murni untuk mempersiapkan (pemerintah) menghadapi kenaikan Omicron dalam 2-3 minggu ke depan," ucap Airlangga.

Baca juga: Rincian Aturan Lengkap PPKM Level 3, Makan di Resto Cuma 1 Jam hingga Operasional Mal

Naiknya wilayah dengan asesmen PPKM level 3 membuat wilayah PPKM level 1 dan level 2 menurun. Dari 386 kabupaten/kota di luar Jawa Bali, wilayah PPKM level 1 menurun dari 164 kabupaten/kota menjadi 63 kabupaten/kota, sementara PPKM level 2 menurun dari 208 kabupaten/kota menjadi 205 kabupaten/kota.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.