Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Kenali Model-Model Bisnis Ini Agar Dapat Keuntungan Maksimal

Kompas.com - 25/02/2022, 13:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Fauzi Ramadhan dan Fandhi Gautama

KOMPAS.com - Pada era modern yang kompetitif ini, sekadar menjual produk kepada konsumen tidaklah cukup untuk menjaga keberlanjutan usaha. Diperlukan strategi dan model bisnis yang tepat untuk mengoptimalkan potensi agar mampu meraih keuntungan maksimal.

Melansir Kompas.com, parameter strategi dan model bisnis yang tepat dapat diidentifikasi dengan pertanyaan-pertanyaan bisnis mendasar, seperti

  1. Siapa yang akan menjadi pelanggan?
  2. Apa yang pelanggan dapatkan dari produk ini?
  3. Bagaimana menghasilkan uang dalam bisnis ini?
  4. Bagaimana cara agar bisnis dapat memberikan nilai kepada pelanggan dengan biaya yang masuk akal?

Untuk menjawab berbagai pertanyaan tersebut, diperlukan riset dan pemahaman terhadap model bisnis yang akan digeluti. Dengan demikian, hal itu akan memudahkan seseorang untuk mengembangkan bisnisnya.

Baca juga: Cara Atasi Lingkungan Kerja yang Tak Baik bagi Kesehatan Mental

Selain itu, dilansir artikel Kompas.com, perancangan model bisnis dapat dilakukan dengan menggunakan metrik sebagai alat untuk mengukur pertumbuhan unit bisnis.

Apabila kamu masih bingung dengan model bisnis yang akan digunakan untuk menjual produk, dalam siniar Smart Inspiration edisi Smart Information bertajuk “3 Jenis Metrik pada Strategi Bisnis”, disebutkan tiga contoh model bisnis yang banyak digunakan perusahaan ternama untuk menjual produknya.

Mungkin saja, salah satu dari model bisnis di bawah cocok dengan gaya bisnis kamu nantinya. Lantas, apa saja ketiga model bisnis tersebut?

Baca juga: Apakah Benar Kita Bisa Berinvestasi dengan Modal Kecil?

Model Berlangganan (Subscription)

Perusahaan dengan model bisnis ini menjual produk berbasis langganan kepada konsumen.
Agar bisa menggunakan produk, konsumen diharuskan membayar dalam periode tertentu, biasanya secara bulanan atau tahunan. 

Salah satu contoh perusahaan yang menggunakan metrik model bisnis ini adalah perusahaan layanan streaming video atau musik.

Sistem bisnis ini membuat perusahaan penjual produk memiliki periode pendapatan yang pasti. Akan tetapi, yang menjadi tantangan dalam metrik model bisnis ini adalah ketepatan strategi agar konsumen tidak memutus langganan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.