Kompas.com - 14/03/2022, 12:06 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) memperkirakan, Rusia akan mengalami resesi ekonomi secara mendalam. Hal ini disebabkan karena sanksi barat yang bertubi kepada Rusia.

Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva mengatakan, default-nya Rusia bukan sesuatu yang mustahil karena sanksi tersebut. Tak heran, resesi pun diperkirakan terjadi di Rusia.

"Dampak sanksi tersebut cukup parah bagi ekonomi Rusia. Kami memperkirakan resesi yang mendalam di Rusia," kata Georgieva dikutip dari kantor berita Rusia, TASS, Senin (14/3/2022).

Baca juga: Negara Eropa Janji Berhenti Impor Minyak Rusia Tahun 2027

Sebagai informasi, sanksi diberikan negara-negara barat ketika Presiden Rusia Vladimir Putin membuat keputusan melakukan operasi militer di Ukraina pada 24 Februari 2022.

Putin menyebut, operasi militer itu dilakukan untuk orang-orang yang telah menderita pelecehan dan genosida oleh rezim Kiev selama 8 tahun, sesuai dengan permintaan Donbass.

Namun Rusia menekankan tidak memiliki rencana untuk menduduki wilayah Ukraina. Tujuannya adalah denazifikasi dan demiliterisasi Ukraina. Mengikuti langkah ini, Amerika Serikat, Uni Eropa, Inggris, dan beberapa negara lain mengumumkan sanksi terhadap individu dan badan hukum Rusia.

Gagal bayar utang

Georgieva juga menilai, Rusia memiliki risiko gagal bayar atas utangnya karena negara tersebut mengalami resesi mendalam yang disebabkan oleh sanksi sebagai tanggapan atas invasi ke Ukraina.

“Gagal bayar Rusia bukan lagi peristiwa yang tidak mungkin. Bukannya Rusia tidak punya uang, Rusia tidak bisa menggunakan uang ini," kata Georgieva seperti dilansir Bloomberg, Jumat (11/3/2022).

Georgieva menambahkan, sanksi yang dibebankan kepada Rusia saat ini juga belum pernah terjadi sebelumnya. Hal ini berdampak pada sulitnya Rusia untuk mengubah aset cadangan IMF, yang dikenal sebagai hak penarikan khusus, ke dalam mata uang.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber TASS
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.