Apa Itu Resign: Definisi, Alasan, dan Cara Mengajukannya

Kompas.com - 25/03/2022, 10:46 WIB

KOMPAS.com - Apa itu resign? Resign adalah istilah yang sudah akrab di telinga para karyawan. Sebagai serapan dari Bahasa Inggris, resign artinya berhenti atau mengundurkan diri dari pekerjaan.

Bagi banyak pekerja, resign adalah suatu keputusan yang sulit, terlebih apabila pekerjaan itu terbilang nyaman dan sudah ditekuni selama bertahun-tahun.

Seringkali, resign adalah pilihan terakhir. Walau sang karyawan tampaknya terlihat baik-baik saja, nyatanya ada lebih dari seribu alasan mengapa pada akhirnya seseorang memutuskan untuk resign.

Keputusan tersebut tentu bukan hal yang mudah, membutuhkan waktu lebih dari sehari untuk meyakinkan diri sendiri hingga akhirnya siap untuk melangkah pergi.

Baca juga: Contoh Surat Resign dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Resign adalah kata yang sering dipakai oleh seorang pekerja yang sudah tidak nyaman lagi dengan pekerjaanya. Tidak hanya dilakukan oleh pekerja yang masih berstatus level staff saja, bahkan atasan pun bisa resign dari pekerjaannya.

Faktor yang muncul bisa berasal dari dalam diri seseorang atau lingkungan yang tidak mendukung juga dapat dianggap memiliki pengaruh besar.

Resign adalah berbeda dengan PHK

Resign adalah tindakan pengunduran diri dari suatu pekerjaan secara sukarela. Jika perusahaan menyetujuinya, hubungan kerja antara perusahaan dan pekerja pun akan berakhir.

Resign artinya berbeda dengan pemutusan hubungan kerja atau PHK. Di beberapa perusahaan, karyawan yang resign adalah seringkali tak diberikan kompensasi berupa pesangon sebagaimana korban PHK.

Ini karena resign adalah tindakan sukarela dari karyawan bersangkutan. Sementara PHK adalah keputusan yang diambil perusahaan, dan karyawan terpaksa harus menerimanya.

Baca juga: 7 Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil dan Motor serta Formatnya

Ilustrasi contoh surat resign kerja (resignation letter). Resign adalah hal umum dalam perusahaan. Resign artinya mundur secara sukarela.SHUTTERSTOCK Ilustrasi contoh surat resign kerja (resignation letter). Resign adalah hal umum dalam perusahaan. Resign artinya mundur secara sukarela.

Alasan resign kerja

Resign adalah hal yang sangat umum dialami seorang pekerja. Untuk bisa mempertahankan citra yang positif, pekerja harus menyiapkan alasan resign yang baik

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.