Dorong UMKM Naik Kelas, Luhut Ingin Bazar Diadakan 4 Kali Dalam Setahun

Kompas.com - 08/04/2022, 15:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan Bazar Ramadhan 2022, di Gedung Sopo Del, Jakarta Selatan. Peresmian bazar tersebut dalam rangka meningkatkan gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Mengenai bazar ini, pemerintah lagi menggalakan semua buatan dari dalam negeri. Oleh sebab itu, kita tuntun dari bawah untuk ini dengan sejalan pemerintah mengucurkan Rp 400 triliun lebih untuk pembelian e-katalog sehingga menciptakan lapangan kerja salah satunya seperti ini (UMKM). UMKM ini nantinya yang akan jd backbone ekonomi kita," ujarnya melalui keterangan tertulis, Jumat (8/4/2022).

Baca juga: Luhut: Mimpi Kita, Pemerintahan Mendatang Dapat Sistem yang Bagus...

Luhut bilang, pelaksanaan bazar ini direncanakan diadakan empat kali dalam setahun di Sopo Del.

"Nanti di sini bersama dengan kolaborasi KAYA.ID akan dibikin sekitar 4 kali setahun, tujuannya membangunkan UMKM selama dan sekuat mungkin. Apalagi ini sekarang saya kira penanganan lebih terkendali (Covid-19) sehingga ini bisa meningkatkan pasar. Oleh sebab itu, saya terus mengajak mari kita bangga menggunakan buatan Indonesia," pungkasnya.

Hadir di lokasi, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengungkapkan, kegiatan bazar seperti ini merupakan upaya pemerintah membuat UMKM naik kelas.

"Ini diadakan di Gedung Sopo Del, terus ada lagi seperti ini di Sarinah, ini upaya baik UMKM untuk naik kelas. Karena selama ini pengelola mal berpikir menarik pengunjung dengan brand asing, dan ternyata itu tidak benar. Kita bisa seperti ini, buatan sendiri," ucap Teten.

Baca juga: Bakal Cair, Ini Syarat Penerima BLT UMKM Rp 600.000

Sementara itu, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo menuturkan, dengan adanya bazar ini semakin membuktikan bahwa UMKM Indonesia memang berkualitas.

"Ini luar biasa sekali, karena di sini juga tadi saya lihat ada teman-teman disabilitas yang digandeng dan mereka membuat kue trus dibantu pengembangannya. Kemudian ada produk UMKM dari kerajinan tangan kayu dan semua mulus mulus bagus, dan produk lainnya. Ini membuktikan bahwa memang UMKM kita berkualitas. Kami dari Kemenparekraf sangat mengapresiasi pelaksanaan di tempat premium ini. Ini menaikkan kelas dari UMKM kita," katanya.

Selain kedua pejabat menteri dan wakil menteri tersebut, acara peresmian juga dihadiri Devi Pandjaitan, Co-Founder KAYA.ID Richard Sam Bera dan beberapa pejabat lainnya. Tak hanya meresmikan Bazar Ramadhan 2022, Luhut juga meresmikan Sopo Del Food Court yang juga melibatkan UMKM di dalamnya.

Baca juga: Jamu Mbak Suni: UMKM yang Eksis di Tengah Gempuran Kafe Kekinian

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.