Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Net Zero Emission, PT SMI Gunakan Mobil Listrik

Kompas.com - 20/05/2022, 12:38 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) beralih menggunakan kendaraan berbasis listrik (KBL) dalam rangka memenuhi target Net-Zero Emission (NZE) yang dicanangkan pemerintah.

Pemerintah sendiri mendorong pencapaian target Net-Zero Emission tahun 2060 dan melakukan upaya pengurangan pemanasan global (carbon footprint) di Indonesia.

Pengalihan ini dilakukan secara bertahap melalui pembelian dua unit kendaraan Hyundai type Ioniq dari PT Hyundai Mobil Indonesia sebagai pengalihan tahap awal.

Baca juga: Mahendra Siregar Mundur dari SMI Usai Terpilih Jadi Bos OJK

Direktur Operasional dan Keuangan PT SMI Darwin Trisna Djajawinata mengatakan, langkah ini sekaligus menjadi bentuk dukungan PT SMI terhadap industri otomotif nasional yang saat ini tengah berkembang.

"Ide atau gagasan atas inisiatif ini berasal dari SMIers (Karyawan PT SMI). Kami di manajemen sangat mendukung gagasan tersebut dan bersyukur bahwa konsep NZE ini telah tertanam di individu karyawan kami," kata dia dalam siaran pers, dikutip Jumat (20/5/2022).

Ia juga berterima kasih kepada pemegang saham dalam hal ini Kementerian Keuangan, PT Hyundai Mobil Indonesia, dan Manajemen Gedung Sahid Sudirman Center karena telah memberikan dukungan kepada PT SMI terhadap penerapan inisiatif ini dalam rangka mencapai tujuan NZE.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sub Direktorat Kekayaan Negara Dipisahkan I, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan RI Nofiansyah merasa bangga dan sangat mendukung PT SMI untuk menuju NZE melalui upaya-upayanya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Sales & Marketing PT Hyundai Mobil Indonesia Hendrik Wiradjaja berkomitmen untuk terus mendukung rencana PT SMI menuju NZE secara maksimal.

Sebagai informasi, PT SMI sebelumnya juga telah banyak mengembangkan inisiatif lain seperti melakukan upaya efisiensi pada konsumsi air, energi, dan pengelolaan sampah.

PT SMI juga melakukan pembangunan berkelanjutan dan transisi energi bersih dalam implementasi bisnisnya.

Baca juga: Meraih Peluang Value Chain Baterai Mobil Listrik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com