Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Kisah Sukses Diaspora Pasarkan Produk UMKM di Hongkong

Kompas.com - 14/06/2022, 09:04 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Penulis: Alifia Riski Monika dan Fandhi Gautama

KOMPAS.com - Menduduki peringkat keempat sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, Indonesia memiliki penduduk dengan berbagai latar belakang suku, ras, dan agama.

Warga negara Indonesia (WNI) juga banyak tersebar di seluruh penjuru dunia untuk mencari nafkah, ilmu, dan lain sebagainya. Meskipun berada di luar negeri, ternyata peran mereka juga penting sebagai salah satu penyumbang devisa negara.

Alex Chu, keturunan pasangan diaspora Indonesia sukses menjalankan bisnisnya di Hongkong. Bersama tiga perusahaan keluarganya, ia mendatangkan produk lokal langsung dari Indonesia dengan target pasar orang Indonesia, sekaligus warga lokal .

Kisahnya ini ia ungkapkan dalam siniar Smart Inspiration bertajuk “Kisah Diaspora Indonesia yang Sukses bawa produk UMKM ke Hongkong” atau melalui tautan dik.si/smart_diaspora yang bisa didengarkan di Spotify.

Menjadi generasi kedua penerus perusahaan keluarga, Alex Chu sukses mengembangkan tiga perusahaan, termasuk Surya Trading yang tercatat telah memiliki 10 toko dengan nama Surya Market.

Barang-barang yang diimpor oleh Surya Trading dari Indonesia berupa kebutuhan sehari-hari, termasuk makanan dan minuman produksi UMKM Indonesia. Hal ini secara langsung lantas dapat membantu UMKM Indonesia merambah di pasar Hong Kong.

Baca juga: Mengenal Pala, Komoditi Ekspor Terlaris dari Indonesia

Melalui toko miliknya dan toko-toko afiliasi, Surya Trading memiliki target pasar lebih dari 170.000 pekerja migran Indonesia yang ada di Hong Kong. Tak hanya itu, penduduk Cina juga menjadi target dengan kualitas barang sesuai dengan yang mereka inginkan.

Berbicara mengenai ekspor, ia adalah salah satu variabel pendorong perekonomian suatu negara. Artinya, jika ekspor suatu negara meningkat, maka perekonomiannya juga akan meningkat.

Ekspor adalah barang dan jasa hasil produksi dalam negeri dan dijual ke luar negeri. Langkah awal yang bisa dilakukan UMKM jika ingin melakukan ekspor adalah dengan menetapkan produk andalan dan negara tujuan ekspornya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.