Dua Obligor BLBI, Irswanto dan Kaharudin Ongko, Mangkir Dipanggil Satgas untuk Selesaikan Utang

Kompas.com - 14/06/2022, 17:45 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua obligor atau debitor penerima dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), Irswanto Ongko dan Kaharudin Ongko tidak hadir menemui Satgas BLBI pada Selasa (14/6/2022).

Sejatinya, mereka berdua dipanggil untuk menyelesaikan utang kepada pemerintah atas nama PT Indoland Jaya.

Mereka diminta menghadap Pokja Penagihan dan Litigasi Tim C pukul 8.30 WIB ke Gedung Syafrudin Prawiranegara, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

"Dapat kami informasikan bahwa Irswanto Ongko dan Kaharudin Ongko tidak memenuhi panggilan dimaksud," kata Direktur PKN DJKN Kemenkeu, Purnama T. Sianturi kepada Kompas.com, Selasa (14/6/2022).

Baca juga: Punya Utang BLBI Rp 8,2 Triliun, Kaharudin Ongko Mengaku Sudah Lunasi Rp 4 Triliun

Wanita yang juga merupakan Sekretaris Satgas BLBI ini menuturkan, panggilan penagihan keduanya terdaftar dalam nomor PENG- 5/KSB/2022.

Adapun Irswanto dan Kaharudin memegang jabatan penting di PT Indoland Jaya, salah satu penerima dana BLBI tahun 1998. Irswanto adalah Direktur Utama, sementara Kaharudin adalah Komisaris PT Indoland Jaya.

Dikutip dari pengumuman pemanggilan, utang mereka yang tercantum dalam catatan Satgas BLBI sebesar 10,96 juta dollar AS atau Rp 159 miliar.

"Dalam hal saudara tidak memenuhi kewajiban penyelesaian hak tagih negara, maka akan dilakukan tindakan sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan," tulis pengumuman pemanggilan yang ditandatangani Ketua Satgas BLBI, Rionald Silaban.

Baca juga: Satgas BLBI Kembali Panggil Irswanto dan Kaharudin Ongko, Tagih Utang Rp 159 Miliar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.