Pertumbuhan Uang Beredar Melambat, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 27/06/2022, 12:30 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mencatat likuiditas nasional atau uang beredar dalam arti luas (M2) kembali mengalami pertumbuhan pada Mei 2022.

Meskipun demikian, pertumbuhan uang beredar pada Mei kemarin tercatat mengalami perlambatan jika dibandingkan dengan pertumbuhan pada bulan sebelumnya.

Data bank sentral menunjukan, posisi M2 pada Mei 2022 tercatat sebesar Rp 7.854,8 triliun atau tumbuh 12,1 persen dari periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy).

"Tetap kuat dibandingkan dengan pertumbuhan pada April 2022 yang tercatat sebesar 13,6 persen secara yoy," ujar Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, dalam keterangannya, Senin (27/6/2022).

Baca juga: Temui Ketua MUI, Hotman Paris Minta Maaf soal Promo Miras Holywings

Pertumbuhan uang beredar utamanya ditopang oleh uang beredar dalam arti sempit (M1) yang terdiri dari uang kartal di luar bank umum dan BPR, giro rupiah, dan tabungan rupiah yang dapat ditarik sewaktu-waktu, yang tumbuh 18,4 persen secara yoy.

Tercatat peredaran uang kartal pada Mei sebesar Rp 820,2 triliun, tumbuh 10,3 persen secara yoy, lebih rendah dibandingkan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 22,3 persen secara yoy.

"Sejalan dengan kembali normalnya kebutuhan kartal masyarakat pasca Idul Fitri 1443 H," tulis BI dalam laporannya.

Sementara itu, tabungan rupiah yang dapat ditarik sewaktu-waktu dengan pangsa 48,5 persen terhadap M1, tercatat sebesar Rp 2.169,3 triliun, tumbuh 13,2 persen secara yoy, juga melambat dari pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 15,9 persen secara yoy.

Adapun dari sisi uang kuasi, yang memiliki pangsa 42,7 persen dari M2, tercatat mengalami pertumbuhan sebesar 4,6 persen secara yoy menjadi Rp 3.356,2 triliun.

Baca juga: Dua Tersangka Kasus KSP Indosurya Bebas, Perkaranya Tetap Berjalan

Pertumbuhan tersebut juga melambat dari bulan sebelumnya yang tumbuh 5 persen, di mana perlambatan disebabkan oleh komponen simpanan berjangka yang terkontraksi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.