Herry Darwanto
Pemerhati Sosial

Pemerhati masalah sosial. Bekerja sebagai pegawai negeri sipil sejak 1986 hingga 2016.

Koperasi untuk Kesejahteraan Rakyat

Kompas.com - 28/07/2022, 08:46 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

BULAN Juli hampir lewat. Tradisi merayakan Bulan Koperasi hampir usai. Kini tiba saatnya untuk mengayunkan langkah dengan lebih tegap untuk menjadikan koperasi lebih dekat bagi setiap orang.

Koperasi perlu menjadi kata sehari-hari yang terucap dalam setiap rumah tangga.

Pagi-pagi sebotol susu sudah ada di depan pintu, dikirim oleh koperasi peternak susu yang ada di desa tidak jauh dari rumah.

Tidak lama kemudian, tukang sayur keliling datang membawa sayur pesanan yang dipesan malam sebelumnya dari koperasi pertanian di desa yang lain lagi, bahkan mungkin lebih jauh lagi untuk buah-buahan yang langka dari koperasi perkebunan rakyat.

Air siap minum selalu tersedia, karena koperasi RW memiliki catatan kapan harus mengirim dua galon air setiap beberapa hari.

Koperasi warga juga menyediakan barang-barang kebutuhan sehari-hari lain, seperti minyak goreng, sabun, odol, dsb.

Saat ada uang lebih, tinggal transfer ke koperasi simpan pinjam. Demikian juga saat memerlukan uang mendadak, tinggal membuka situs koperasi tersebut, menarik uang tabungan sendiri dan kemudian mengambilnya di ATM Bersama milik koperasi.

Ketika rumah bocor atau kulkas bermasalah, tinggal menghubungi koperasi jasa pertukangan.

Semua aktivitas rumah tangga itu dilayani oleh banyak koperasi, dengan hanya menggunakan telepon genggam.

Pembeda Koperasi

Itu semua adalah khayalan, karena penulis tidak menjadi anggota koperasi apapun. Bukan karena tidak mau, namun karena tidak tahu ada atau tidak koperasi-koperasi seperti itu di tempat penulis tinggal.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.