Cara Buat Kartu ASN Virtual secara Online, Klik mysapk.bkn.go.id

Kompas.com - 27/09/2022, 05:15 WIB
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menyediakan fitur pembuatan kartu aparatur sipil negara (ASN) virtual, yang bisa dilakukan secara online.

Disadur dari informasi resmi, kartu ASN virtual dapat dibuat melalui aplikasi MySAPK maupun laman https://mysapk.bkn.go.id.

Untuk mengakses laman mysapk.bkn.go.id maupun aplikasi MySAPK, dibutuhkan nomor induk pegawai (NIP) dan password.

Baca juga: Tak Ada Pengangkatan Tenaga Honorer, BKN Lakukan Pendataan Non-ASN hingga 31 Oktober

Tampilan laman https://mysapk.bkn.go.id/, portal untuk membuat kartu ASN virtual BKN.https://mysapk.bkn.go.id/ Tampilan laman https://mysapk.bkn.go.id/, portal untuk membuat kartu ASN virtual BKN.
Cara membuat kartu ASN virtual BKN

Pembuatan kartu ASN virtual BKN dapat dilakukan dengan cara berikut:

  1. Login ke website https://mysapk.bkn.go.id/ dengan memasukkan NIP dan password, lalu klin “Log In”. Jika melalui aplikasi MySAPK, dapat dilakukan dengan mengarahkan handphone ke kode QR yang tersedia
  2. Setelah berhasil login, pengguna bisa melakukan proses pembuatan kartu ASN virtual dengan memilih menu “Layanan Lainnya”, klik “Kartu ASN Virtual”
  3. Akan muncul halaman submenu Kartu ASN Virtual, pilih update foto pada bagian atas halaman submenu, dan akan tampil halaman ubah foto
  4. Anda dapat memilih foto yang akan ditampilkan di kartu ASN virtual. Foto yang diunggah harus sesuai dengan ketentuan.
  5. Setelah memastikan foto yang digunakan sesuai ketentuan dan preview kartu ASN yang ditampilkan sudah selesai, klik “Gunakan Foto ini” untuk menyelesaikan proses pembuatan kartu ASN virtual
  6. Selanjutnya, Anda dapat memilih moda potrait maupun landscape untuk tampilan kartu ASN virtual.

Kartu ASN virtual tersebut dapat diunduh dan dicetak pada menu Kartu ASN Virtual, dengan klik “Download” untuk mengunduh halaman depan dan belakang atau klik “Print” untuk mencetaknya.

Baca juga: Cara Daftar Pendataan Tenaga Non-ASN 2022, Klik pendataan-nonasn.bkn.go.id

Sebagai informasi, terdapat QR code yang bisa dipindai (scan) menggunakan handphone pada kartu ASN virtual.

Apabila QR code atau kode barcode tersebut di-scan, akan muncul suatu link. Jika link tersebut dipencet dan memasukkan kode captcha yang tersedia, maka akan muncul informasi pribadi pegawai yang bersangkutan.

 

Baca juga: Pendataan Tenaga Non-ASN 2022, Pahami Syarat, Dokumen, dan Alurnya...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.