Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teken MoU dengan BEI, Kadin Ajak Anggotanya dan UMKM Tambah Modal Lewat IPO

Kompas.com - 07/12/2022, 08:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan peran pasar modal Indonesia sebagai alat investasi kepada para pelaku usaha, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman bersama PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (6/12/2022).

Penandatanganan tersebut dilakukan agar perusahaan dapat memperluas jangkauan pasar dan memajukan bisnis, tentunya membutuhkan dana. Untuk itu, melakukan Initial Public Offering (IPO) dapat menjadi solusi yang tepat.

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan, sebagai rumah bagi dunia usaha, banyak anggota Kadin berpotensi untuk tumbuh berkembang melalui IPO dan menjadi perusahaan terbuka.

Baca juga: Pupuk Kaltim Siap IPO di 2023

"Namun, saat ini masih banyak perusahaan di Indonesia yang belum menjadi perusahaan publik dikarenakan kurangnya pengetahuan pasar modal dan informasi mengenai IPO," ucapnya melalui siaran pers.

Dengan melakukan IPO, perusahaan dapat menawarkan sahamnya kepada masyarakat dan nantinya akan mendapatkan modal tambahan. Penandatanganan nota kesepahaman tersebut juga dapat membantu mendorong UMKM menjadi perusahaan yang siap untuk IPO.

Maka dari itu, Kadin melakukan sosialisasi dan coaching clinic (pembinaan) untuk mengedukasi pelaku usaha terkait pentingnya IPO dan persyaratan yang dibutuhkan. Selain upaya peningkatan pemahaman pasar modal, pihaknya juga akan ikut mendorong investor yang ada di Indonesia untuk berinvestasi di pasar modal.

Baca juga: Kadin Bakal Gugat Permenaker Upah Minimum 2023 ke MA

Dalam kesempatan MoU tersebut, Direktur Utama BEI Iman Rachman berharap, kerja sama ini dapat terlaksana dengan baik melalui berbagai kegiatan dan program bersama bagi para anggota Kadin.

"Semoga kolaborasi ini dapat menjadi awal yang baik untuk bersama membangun Indonesia melalui peningkatan jumlah investor, terutama investor lokal atau individu yang akan menjadi pondasi kokoh bagi keberlangsungan pasar modal dan perekonomian yang lebih maju," ucapnya.

Baca juga: Kadin Datangkan Investor Kanada untuk Studi Green Airport di Kaltara

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+