Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Paket Usaha "Franchise" Sembako: Lotte Grosir, Indogrosir, dan Indomaret

Kompas.com - 24/08/2023, 14:35 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bisnis waralaba atau franchise kini berkembang pesat di Indonesia. Salah satu bisnis yang membuka kemitraan lewat sistem waralaba adalah ritel yang melayani kebutuhan pokok sehari-hari masyarakat (minimarket lokal).

Bisnis waralaba ritel berkembang beriringan dengan kebutuhan masyarakat yang jumlahnya meningkat. Para calon mitra dapat memulai bisnis waralaba toko sembako dengan tetap menjaga pergerakan keuangan.

Kompas.com merangkum tiga perusahaan ritel yang menawarkan paket usaha sembako dengan investasi awal dan fasilitasnya yaitu Lotte Grosir, Indogrosir, dan Indomaret.

Berikut ini daftar paket usaha sembako dari Lotte Grosir, Indogrosir, dan Indomaret:

Baca juga: Franchise Autopilot” Tidak Disarankan, Ini Alasannya

1. Franchise sembako Lotte Grosir

Lotte Grosir menawarkan paket usaha sembako bagi pebisnis di Indonesia. Adapun syarat menjadi mitra usaha Lotte di antaranya yaitu, lokasi usaha maksimal 10 km dari Lotte Grosir, usia 18-60 tahun, bersedia tanda tangan perjanjian dengan Lotte Grosir, dokumen pelengkap dan bertanggung jawab.

Dilansir laman resmi Lotte Mart, ada 2 skema mitra bisnis sembako yang ditawarkan Lotte Grosir yaitu kios dan toko. Paket usaha sembako dalam bentuk kios ditawarkan dengan investasi awal mulai Rp 10 juta.

Adapun paket hemat usaha sembako tersebut sudah difasilitasi dengan rombong ukuran 160x90x210 cm, dispenser, kompor tungku, barang dagangan, tablet 10 inch, scanner barcode, WiFi, free voucher Rp 500.000, free biaya franchise, jaminan ketersediaan produk, POS sistem order dan penjualan serta PPOB (aplikasi digital monitoring).

Baca juga: Franchise Warteg Dapat KUR Rp 1 Miliar, Berapa Maksimal Plafon KUR?

Calon mitra atau pebisnis dapat bebas memilih nama toko, bebas biaya bulanan dan pendaftaran, dan promo berkesinambungan.

Sementara itu, Lotte Grosir juga menawarkan paket usaha sembako dalam bentuk toko dengan investasi awal mulai dari Rp 85 juta. Pebisnis yang memilih paket usaha sembako toko ini akan mendapatkan keuntungan yaitu dibebaskan biaya franchise, tanpa biaya pendaftaran, bebas biaya bulanan, dan 100 persen keuntungan untuk mitra.

2. Franchise sembako Indogrosir

Indogrosir menawarkan paket usaha sembako dengan nama Toko Mandiri Indogrosir (TMI). TMI adalah program pendampingan yang dilakukan Indogrosir kepada calon wirausaha dalam bentuk toko/warung modern. Adapun syarat memiliki Toko Mandiri Indogrosir sebagai berikut:

  • KTP
  • NPWP
  • Ruangan minimal 3 X 3.5 meter
  • Membuka jam layanan yang sesuai dengan ketentuan

Indogrosir menawarkan dua paket usaha sembako yaitu TMI Tipe A dengan investasi awal sebesar Rp 55 juta. Paket usaha ini setidaknya pebisnis memiliki luas toko 3x6 meter.

Kemudian calon mitra atau pebisnis sudah mendapatkan barang dagangan sekitar 800 item serta perlengkapan seperti rak display, rak hanger, etalase aluminium, etalase rokok, alat POS Kasir, dan scanner.

Baca juga: Franchise Ekspedisi Modal Rp 5 Jutaan, Mulai Bisnis Enggak Harus Mahal

Sementara itu, Indogrosir juga menawarkan paket usaha TMI Tipe B dengan investasi awal sebesar Rp 40 juta. Paket usaha ini setidaknya pebisnis memiliki luas toko 3x4 m.

Kemudian calon mitra atau pebisnis sudah mendapatkan barang dagangan sekitar 600 item serta perlengkapan seperti rak display, rak hanger, etalase aluminium, etalase rokok, alat POS Kasir, dan scanner.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui pengisian konfirmasi pada link berikut, https://bit.ly/daftarwarungTMI

3. Franchise sembako Indomaret

Indomaret juga membuka kemitraan waralaba atau franchise bagi masyarakat sejak tahun 1997. Dilansir laman resmi Indomaret, syarat menjalin kemitraan dengan waralaba tersebut, di antaranya yaitu:

  • Warga Negara Indonesia
  • Menyediakan lokasi tempat usaha di area komersial dengan luas ideal 120-200 m2
  • Memiliki kelengkapan izin usaha minimarket : IMB/PBG, NPWP, PKP, Ijin Lingkungan, Domisili (apabila diperlukan), NIB, STPW dan Ijin Lainnya Sesuai Ketentuan Perizinan yang berlaku
  • Menyediakan dana investasi
  • Memiliki jiwa entrepreneur dan fokus pada sistem waralaba Indomaret (franchise Indomaret)

Berdasarkan laman resminya, pebisnis harus menyiapkan biaya sekitar Rp 494 juta jika ingin memulai bisnis Indomaret. Angka tersebut belum termasuk biaya sewa bangunan untuk gerai Indomaret.

Baca juga: Es Teh Solo Tawarkan Paket Usaha Mulai Rp 3,8 Juta, Minat?

Secara lebih rinci, estimasi biaya investasi franchise Indomaret adalah sebagai berikut:

  • Franchise fee untuk 5 tahun: Rp 36 juta
  • Promosi dan persiapan pembukaan toko: Rp 9,5 juta
  • Renovasi dan tambah daya listrik: Rp 221,5 juta (Biaya ini disesuaikan dengan kondisi bentuk bangunan)
  • Peralatan elektronik dan non elektronik: Rp 178 juta (Biaya ini disesuaikan dengan tipe toko).

Demikian penawaran paket usaha toko sembako dari perusahaan ritel. Bagi anda yang akan memulai bisnis, penawaran kemitraan tersebut dapat menjadi pilihan. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com