Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei Visa: E-Wallet Paling Banyak Digunakan Gen Z dalam Pembayaran Digital

Kompas.com - 22/09/2023, 19:00 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Direktur Visa Indonesia Riko Abdurrahman mengatakan, 89 persen Gen Z menggunakan dompet digital atau e-wallet saat melakukan pembayaran digital.

Hal itu berdasarkan survei Visa yang dilakukan tahun lalu, dengan responden 1.000 orang di beberapa kota besar Indonesia.

"Dilihat dari hasil studi Visa, metode pembayaran digital yang paling banyak digunakan oleh Gen Z di Indonesia adalah dompet digital atau e-wallet (89 persen), disusul dengan kartu debit/kredit (76 persen) dan QR code (67 persen)," kata Riko dalam diskusi bertajuk "Gaya Hidup Serba Digital Generasi Muda yang Anti-Ribet" secara daring, Jumat (22/9/2023).

Riko mengatakan, dalam hasil survei juga menunjukkan bahwa tingkat penggunaan uang tunai menurun dari 87 persen di 2021 menjadi 84 persen di 2022.

Baca juga: Survei Visa: 67 Persen Orang Indonesia Sudah Mencoba Transaksi Nontunai

"Sementara In-app payment melesat dari 45 persen di 2021 menjadi 80 persen di 2022, disusul QR payment yang naik dari 50 persen di 2021 menjadi 62 persen di 2022," ujarnya.

Lebih lanjut, Riko menambahkan, tingkat penggunaan kartu contactless Visa semakin meningkat.

Ia mengatakan, pembayaran dengan kartu contactless telah menjadi metode pembayaran yang umum di banyak negara di seluruh dunia.

Baca juga: Visa Catat 93 Persen Gen Y Pilih Perbankan Virtual

Riko mengatakan, pembayaran dengan kartu contactless di lebih 20 negara mencapai 90 persen dari semua transaksi tatap muka Visa, seperti contoh tetangga terdekat di Singapura dan Australia.

"Menurut studi Visa, 1 dari 3 konsumen Indonesia pernah menggunakan contactless card, terutama milenial dan Gen X, serta segmen affluent. Minat untuk menggunakan kartu contactless dari non-pengguna sendiri cukup besar, yaitu 84 persen," ucap dia.

Baca juga: Apakah Fitur Contactless di Kartu Kredit Aman? Simak Penjelasan Visa Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com