Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahfud Sebut Deforestasi Hutan di Era Jokowi Capai 12,5 Juta Hektar, Lebih Luas dari Korsel

Kompas.com - 21/01/2024, 20:43 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 03 Mahfud MD melontarkan kritik terkait kerusakan hutan (deforestasi) di Indonesia yang cukup masif dalam 10 tahun era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Mahfud menyebut, dalam dua periode pemerintahan Presiden Jokowi, tercatat angka deforestasi yang terjadi di kawasan hutan Indonesia sudah mencapai 12,5 juta hektar.

"Saya mencatat juga tambang ilegal 2.500 (Izin Usaha Pertambangan/IUP), tapi juga ada yang lebih dari itu. Dalam 10 tahun terakhir terjadi deforestasi hutan 12,5 (juta) hektar hutan kita," ujar Mahfud saat Debat Cawapres 2024 di JCC Senayan, Jakarta, pada Minggu (21/1/2024).

Menkopolhukam ini menganalogikan, luas 12,5 juta hektar deforestasi hutan ini setara dengan 23 kali luas Pulau Madura, bahkan lebih besar dari luas wilayah Korea Selatan.

Baca juga: Kritik Food Estate era Jokowi, Cak Imin: Ini Harus Dihentikan

"Itu jauh lebih luas dari Korea Selatan dan 23 kali luasnya Pulau Madura di mana saya tinggal. Ini deforestasi 10 tahun," beber dia.

Deforestasi hutan yang masif salah satunya disumbang oleh aktivitas tambang ilegal. Sebagai Menkopolhukam, dirinya pun mengaku tak bisa berbuat banyak membereskan masalah ini di lapangan.

Ia mencontohkan, pemerintah bahkan kesulitan mencabut IUP tambang yang bermasalah karena rupanya banyak disokong mafia, termasuk dari oknum aparat.

"Cabut aja IUP-nya, mencabut IUP banyak mafianya. Saya sudah mengirim tim ke lapangan ditolak, sudah putusan MK," ungkap Mahfud.

"Itu begitu bahkan KPK seminggu lalu mengatakan pertambangan di Indonesia banyak yang ilegal dan itu di-backing oleh aparat dan pejabat," kata dia lagi.

Baca juga: Cak Imin: Hilirisasi Ugal-ugalan, Ada Kecelakaan, TKA Mendominasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com