Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penurunan Saham Nvidia Bikin Indeks S&P 500 dan Nasdaq Terkoreksi

Kompas.com - 21/02/2024, 07:58 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com - Bursa saham AS atau Wall Street ditutup pada zona merah di akhir perdagangan Selasa (20/2/2024). Saham-saham di bursa AS mengalami penurunan terseret oleh amblesnya saham Nvidia menjelang laporan pendapatan produsen chip tersebut.

Dow Jones Industrial Average (DJIA) turun 64,19 poin, atau 0,17 persen dan berakhir pada level 38.563,80. S&P 500 tergelincir 0,6 persen menjadi berakhir pada posisi 4.975,51. Sementara itu, Nasdaq Komposit melemah 0,92 persen menjadi ditutup pada 15.630,78.

Saham Nvidia dijadwalkan akan merilis laporan pendapatannya pada hari Rabu setelah penutupan perdagangan. Saham pembuat chip itu ambles 4,4 persen pada akhir sesi Selasa. Meskupun Nvidia diperkirakan akan membukukan laporan yang positif, namun investor khawatir mengenai valuasi yang tinggi.

Baca juga: Erick Thohir Ungkap Pentingnya Kesepakatan Divestasi Saham Vale bagi RI

Saham Amazon turun 1,4 persen, sedangkan saham Microsoft dan Meta masing-masing kehilangan sekitar 0,3 persen.

“Dengan harga saham sektor teknologi yang kini diperdagangkan mendekati 30 kali lipat dari perkiraan sebelumnya, hal tersebut tampaknya menjadi batas tertinggi bagi sektor teknologi,” kata kepala strategi investasi di CFRA Research Sam Stovall.

“Ini membuatnya cukup sulit untuk menambah ekspansi ganda PE. Apa yang harus ditunggu oleh investor adalah pendapatan yang lebih baik dari perkiraan sehingga perkiraan tahun 2024 dan 2025 menjadi lebih baik,” tambahnya.

Baca juga: IHSG Berakhir Menguat, 274 Saham Hijau

Sepanjang tahun ini, sektor teknologi telah bertambah 6 persen yang menjadikannya sektor dengan keuntungan tertinggi ketiga pada indeks S&P. Namun sektor teknologi masih kalah dibandingkan layanan komunikasi dan layanan kesehatan.

Saham Nvidia terus melanjutkan kenaikannya yang besar, dan meningkat 40 persen sepanjang tahun ini, sementara rekan-rekannya di 'Magnificent 7' mengikuti. Saham Meta dan Amazon juga naik masing-masing sekitar 33 persen dan 10 persen sepanjang tahun 2024.

Saham-saham keuangan juga terlihat menguat pada hari Selasa menyusul pengumuman besar bahwa Capital One Financial setuju untuk membeli Discover Financial Services dalam kesepakatan semua saham senilai 35,3 miliar dollar AS, yang diperkirakan akan selesai pada akhir tahun 2024 atau awal tahun 2025.

Baca juga: Divestasi Saham Vale, Jajaran Direksi Akan Diisi Pihak MIND ID

Saham Capital One bertambah 0,1 persen setelah pengumuman tersebut, sementara saham Discover melonjak 12,6 persen.

Dalam berita kesepakatan terpisah, Walmart mengumumkan akan mengakuisisi pembuat TV Vizio senilai 2,3 miliar dollar AS atau 11,5 dollar AS per saham, menyebabkan saham Vizio naik sekitar 16 persen.

Saham Walmart menguat lebih dari 3 persen setelah pengecer besar ini juga mengalahkan ekspektasi pendapatan dan pendapatan kuartalan, didorong oleh pertumbuhan dua digit dalam penjualan e-commerce global perusahaan.

Baca juga: Kesepakatan Divestasi Saham Vale Mundur, Diteken Senin Pekan Depan

Pergerakan ini mengikuti penurunan minggu ini di Wall Street setelah data ekonomi menimbulkan kekhawatiran bahwa Federal Reserve mungkin tidak mulai menurunkan suku bunga secepatnya, atau sebanyak yang diperkirakan pelaku pasar tahun ini.

Hari Selasa mengawali minggu perdagangan singkat setelah pasar AS tutup pada hari Senin untuk memperingati ulang tahun George Washington.

Baca juga: Mengenal 3 Tipe Saham di Indonesia dan Penjelasannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com