Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Bunga Deposito 8,75 Persen, Krom Bank Mengaku Transparan soal Jaminan LPS

Kompas.com - 27/02/2024, 16:27 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Krom Bank Indonesia Tbk atau Krom Bank telah resmi meluncur sebagai bank digital di bawah Kredivo Group setelah akuisisi pada 2022.

Melalui aplikasi digitalnya, Krom Bank menawarkan deposito berjangka yang memiliki bunga hingga 8,75 persen per tahun. Bank digital ini juga menawarkan bunga 6 persen per tahun untuk tabungan utama dan tabungan lainnya.

Perlu diingat, uang yang disimpan nasabah di Krom dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Baca juga: Resmi Meluncur, Krom Bank Tawarkan Bunga Deposito 8,75 Persen

Dengan catatan, suku bunga yang diterima tidak melampaui nilai penjaminan suku bunga maksimum 4,25 persen dan jumlah simpanan yang dijamin oleh LPS. Adapun, jumlah maksimum simpanan yang dijamin oleh LPS adalah Rp 2 miliar.

Artinya, bunga deposito Krom Bank telah melampaui batas yang dijamin oleh LPS yakni di atas 4,25 persen. Dengan begitu, ketika terjadi risiko, produk deposito ini tidak dijamin LPS.

Head of Marketing PT Krom Bank Indonesia Tbk Felicia Thenardy mengatakan, pihaknya akan memberikan informasi secara transparan kepada nasabah terkait besaran bunga deposito tersebut.

Baca juga: Fokus jadi Bank Digital, Krom Bank Tunjuk Presdir Baru

"Tentunya untuk informasi ke nasabah, kami melakukannya secara transparan. Kami menginformasikan, untuk rata bunga yang dijamin oleh LPS itu adalah 4,25 persen dengan valeu tertentu, Jadi kalau ada pertanyaan dari nasabah itu akan kami jawab dengan transparan," terang dia dalam acara Konferensi Pers Peluncuran Layanan Perbankan Digital Krom, Selasa (27/2/2024).

Ia menambahkan, Krom Bank juga melakukan edukasi melalui sosial media terkait dengan investasi, pengelolaan keuangan, dan berbagai jenis risiko keuangan.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Krom Bank Indonesia Tbk Anton Hermawan menuturkan, untuk dapat bertahan dengan bunga simpanan yang tinggi pihaknya terus mendorong tingkat profitabilitas dengan menyalurkan pendanaan menjadi sebuah kredit.

Baca juga: Kasus Deposito Nyangkut, OJK Minta Bank Victoria Syariah Lakukan Ini

"Kami tahun untuk memberikan interest rate yang sedemikian tinggi, kami harus mengembangkan bisnis dan mencari bisnis yang tepat untuk kami," ujar dia.

Untuk itu, Anton bilang ke depan pihaknya akan terus mengembangkan bisnis yang sesuai dengan besaran bunga simpanan yang diberikan kepada nasabah.

"Jadi kalau misalnya Anda bandingkan, tentu saja interest rate yang bisa kita dapatkan sebagai pendapatan dari loan, seharusnya bisa lebih tinggi dari angka itu," tandas dia.

Baca juga: Berminat Investasi Deposito? Ini Keuntungannya

Sebagai catatan, Krom Bank memberikan bunga 8,75 persen untuk deposito di atas Rp 5 juta dengan jangka waktu 6 bulan.

Adapun, simpanan minimal Rp 100.000 hingga Rp 5 juta mendapatkan bunga 8 persen dalam periode yang sama.

Krom Bank memiliki tenor mulai 14 hari hingga 180 hai untuk produk deposito ini.

Baca juga: Masih Menarikkah Imbal Hasil Investasi di Deposito BPR?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com