Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanti-wanti BI soal Kenaikan Harga Beras hingga Cabai: Bisa buat Inflasi Naik

Kompas.com - 29/02/2024, 12:13 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Gubernur Bank Indnesia (BI) Juda Agung mengungkapkan, pemerintah perlu mewaspadai kenaikan harga beras, bawang, dan cabai.

Sebab kenaikan harga 3 bahan pokok itu bisa menjadi penyumbang besar naiknya inflasi di Tanah Air.

Volatile Food perlu kita waspadai bersama utamanya beras. Kemudian yang musiman bawang dan cabai,” ujarnya dalam CNBC Economic Outlook 2024 di Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Baca juga: Harga Beras Mahal, Ekonom Prediksi Inflasi Naik hingga Lebaran 2024

Apalagi menurut dia, kenaikan harga beras yang sangat signifikan belakangan ini menjadi faktor utama yang bisa mempengaruhi daya beli masyarakat.

Adapun harga beras per hari ini, beras kualitas super I atau premium naik menjadi Rp 17.100 per kilogram padahal HET beras untuk kualitas premium Rp 13.900 per kilogram.

Dalam kesempatan yang sama Juda juga mengungkapkan, perekonomian global pada tahun ini masih akan lebih lemah dari kondisi pada 2023 mendatang.

Hal ini dipengaruhi oleh masih besarnya ketidakpastian ekonomi global saat ini, termasuk masalah geopolitik, perang di Ukraina dan Gaza yang masih berlangsung serta resesi di sejumlah negara dan pelemahan ekonomi di China.

BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi global pada 2024 hanya akan mencapai 3 persen sedangkan 2023 masih di level 3,1 persen. "Saat ini kami perkirakan 2024 itu memang lebih rendah dari 2023," ucap Juda.

Baca juga: Biang Kerok Kenaikan Harga Beras Versi Ombudsman: Masalah Produksi hingga Gara-gara India

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com