Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reksadana Penyertaan Terbatas adalah Apa? Ini Pengertiannya

Kompas.com - 23/04/2024, 08:43 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - Ada beberapa jenis investasi reksadana, salah satunya Reksa Dana Penyertaan Terbatas (RDPT).

Reksa Dana Penyertaan Terbatas (RDPT) adalah wadah untuk menghimpun dana dari pemodal profesional, di mana dana akan diinvestasikan oleh Manajer Investasi ke dalam portofolio efek atau berkaitan langsung dengan proyek seperti sektor riil, infrastruktur, dan lainnya.

Secara umum, manfaat, risiko, dan kewajiban dari reksadana RDPT relatif sama dengan produk reksa dana lainnya.

Baca juga: Reksadana Bisa Alami Kerugian, Apa Penyebabnya?

Perbedaannya, reksadana RDPT ditujukan khusus untuk investor profesional, sehingga cara penjualannya tidak ditawarkan secara ritel seperti reksadana biasa, melainkan produk ditawarkan dan dijual langsung oleh Manajer Investasi. 

Pemodal profesional adalah pemodal modal yang mempunyai kemampuan untuk membeli unit penyertaan dan melakukan analisis risiko terhadap reksadana berbentuk kontrak investasi kolektif penyertaan terbatas.

Unit penyertaan reksa dana berbentuk kontrak investasi kolektif penyertaan terbatas, hanya ditawarkan kepada pemodal profesional dan tidak ditawarkan melalui penawaran umum dan/atau tidak diperbolehkan dimiliki oleh 50 pihak atau lebih.

Baca juga: Reksadana Pasar Uang adalah Apa? Ini Pengertiannya

Keuntungan reksadana RDPT

Dikutip dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), beberapa keuntungan reksadana kontrak investasi kolektif penyertaan terbatas antara lain:

  • Pengelolaan profesional

Jenis reksadana ini dikelola oleh Manajer Investasi yang terdaftar dan berpengalaman, sehingga pengelolaan investasi dilakukan secara sistematis dan profesional, baik dalam hal mikro dan makro ekonomi, pemilihan kelas aset, instrumen, conter-party, penentuan jangka waktu penempatan, tujuan investasi, diversifikasi investasi, dan administrasinya.

  • Hasil kompetitif

Reksa dana penyertaan terbatas memberikan imbal hasil yang kompetitif apabila dibandingkan investasi dengan jangka waktu yang sama.

Baca juga: Reksadana adalah Apa? Ini Pengertian dan Jenisnya

  • Transparansi

Reksadana penyertaan terbatas ditawarkan melalui penawaran terbatas yang harus mengikuti peraturan yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jenis reksadana ini memberikan informasi yang transparan atau terbuka kepada publik terkait komposisi aset dan instrumen portofolio investasi, risiko, hingga biaya-biaya yang muncul.

Selain itu, proses pembukuan dilakukan oleh pihak independen selain Manajer Investasi seperti Bank Kustodian dan wajib untuk diperiksa oleh akuntan publik yang terdaftar di OJK.

Itulah ulasan mengenai apa itu pengertian reksadana penyertaan terbatas (RDPT) dan keuntungannya.

Baca juga: Reksadana Saham adalah Apa? Ini Pengertiannya

Baca juga: Apa Itu Reksadana? Ini Pengertian dan Jenisnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com