Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peran Perusahaan Krusial untuk Bina UMKM agar Naik Kelas

Kompas.com - 30/06/2024, 18:23 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - UMKM memiliki peran sangat strategis dalam pengembangan ekosistem rantai pasok nasional.

Pun UMKM berkontribusi dalam meningkatkan nilai tambah, kualitas, dan daya saing produk-produk industri nasional yang berperan dalam meningkatkan produktivitas perekonomian nasional.

Dengan bermitra dan memasok ke industri besar, maka akan tercipta keterkaitan dan keseimbangan antara sektor industri kecil, menengah, dan besar.

Baca juga: KoinWorks Dukung UMKM Masuk ke Ekosistem Rantai Pasok Produksi

Ilustrasi UMKM, strategi bisnis UMKM. SHUTTERSTOCK/BLEAKSTAR Ilustrasi UMKM, strategi bisnis UMKM.

Pada akhirnya akan tercipta keterkaitan dan keseimbangan antara sektor industri kecil, menengah, dan besar yang membuka peluang lebih besar bagi UKM atau IKM dalam kegiatan perdagangan dan perindustrian global.

Dalam proses pembinaan UMKM, pemerintah juga telah mendukung penuh melalui beberapa kementerian/lembaga dalam rangka percepatan proses UMKM naik kelas.

Di antaranya, Kementerian Koperasi dan UKM yang mendukung pada kebijakan dan peningkatan pengelolaan usaha serta pendanaan. Kemudian, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendukung kebijakan pembinaan UMKM dan khususnya IKM dalam inovasi, teknologi, dan pengembangan industrinya.

Selain itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung UMKM dan IKM untuk peran aktifnya dalam pengembangan dan peningkatan pariwisata Indonesia.

Baca juga: Dorong Pertumbuhan UMKM, BNI Tetap Layani KUR dan BWU di Luar Hari Kerja

"Secara luas, pembinaan UMKM oleh perusahaan diharapkan dapat membangun semangat Indonesian Incorporated dan meningkatkan jumlah wirausaha nasional yang tangguh, sekaligus mengurangi kesenjangan ekonomi dan memperbaiki piramida pelaku ekonomi nasional," kata Direktur CFCD Foundation sekaligus Ketua CFCD Indonesia Thendri Supriatno dalam keterangan tertulis, Minggu (30/6/2024).

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com