Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Instansi Pemerintah Paling Kaya dari Kepemilikan Aset

Kompas.com - 11/07/2020, 09:16 WIB
Muhammad Idris

Penulis

Sumber Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan lewat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) mencatat total aset negara saat ini mencapai Rp 10.467,5 triliun. Jumlah tersebut meningkat 65 persen dari nilai tahun sebelumnya yang besarannya Rp 6.325 triliun.

Dalam keterangan resminya, Kementerian Keuangan juga merilis daftar 7 instansi pemerintah dengan jumlah aset terbesar dari seluruh 86 kementerian/lembaga yang ada di Indonesia.

Kesepuluh kementerian tersebut menguasai hampir 90 persen barang milik negara (BMN) di Indonesia yang masuk dalam daftar aset negara di DJKN.

Berikut daftar 7 instansi pemerintah paling kaya dari kepemilikan aset:

Baca juga: Aset Negara Naik 65 Persen Jadi Rp 10.457,5 Triliun

1. Kementerian Pertahanan (Kemenhan)

Kementerian yang dipimpin Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto ini memiliki aset yang totalnya mencapai Rp 1.645,56 triliun, atau tertinggi di antara seluruh kementerian/lembaga.

Nilai aset negara yang dikelola Kemenhan tersebut melebihi aset Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang hampir setiap tahun rutin selalu nangkring di peringkat pertama.

2. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

Kementerian PUPR hampir biasanya jadi peringkat nomor 1 satu sebagai lembaga negara pengelola aset negara terbesar. Namun tahun ini, urutannya disalip Kemenhan.

Meski begitu, aset yang diatasnamakan Kementerian PUPR masih tetap tinggi, yakni mencapai Rp 1.546,61 triliun. Jumlah tersebut memiliki porsi 26,3 persen dari seluruh aset pemerintah.

Baca juga: Membandingkan Total Utang Pemerintah Vs Aset Negara

Besar aset negara yang dikelola Kementerian PUPR sangat wajar, mengingat tupoksi kementerian ini yang bertugas membangun hingga mengelola infrastruktur fisik dari Sabang sampai Merauke.

3. Sekretariat Negara (Setneg)

DJKN mencatat pada posisi ketiga kementerian/lembaga dengan nilai aset terbesar adalah Kementerian Sekretariat Negara senilai Rp 575,41 triliun.

Sekretariat Negara selama ini dikenal sebagai pemilik dari properti-properti milik negara di jantung ibu kota seperti Kompleks Istana Negara, kawasan Monas, Gelora Bung Karno (GBK), hingga lahan bekas Bandar Udara Kemayoran.

Aset negara lain yang diketahui berada di bawah Sekretariat Negara antara lain Plaza Semanggi, Gedung Veteran, hingga sejumlah lokasi di sepanjang Jalan Thamrin dan Jalan Sudirman, Jakarta. Aset-aset milik Setneg tersebut saat ini banyak dikelola oleh pihak swasta.

Baca juga: Lampaui PUPR, Nilai Aset Kementerian Pertahanan Capai Rp 1.645 Triliun

Halaman:
Sumber Kompas.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com