Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag: Kopi Asal Indonesia Bisa Bersaing di Pasar Global

Kompas.com - 18/08/2020, 20:12 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto meyakini kopi asal Indonesia sangat istimewa dan mampu bersaing di pasar global. Hal tersebut dikatakan usai mengunjungi kedai kopi lokal “Kisaku”.

“Rasa kopi Indonesia sangat enak. Tentu, hal ini merupakan potensi yang bisa dikembangkan dan bersaing di pasar global,” ujar Agus dalam keterangan tertulisnya, Selasa (18/8/2020).

Agus menambahkan, semakin banyak kedai kopi yang menyajikan racikan biji kopi lokal yang membantu para petani kopi Indonesia.

Kedai kopi merupakan salah satu bentuk usaha kecil dan menengah (UKM) yang diharapkan dapat terus maju dan berkembang.

Baca juga: Kopi Tapanuli yang Kini Menjadi Tulang Punggung Ekonomi Masyarakat

“Saya berharap, semakin banyak kedai kopi yang didirikan nantinya dapat membantu para petani. Semoga ke depan, makin banyak merk kopi lokal Indonesia yang mendunia,” kata dia.

Sementara itu, salah satu pendiri kedai kopi Kisaku, Raline Syah mengatakan, Kisaku sudah memiliki tiga kedai dan berharap akan terus berkembang baik di dalam negeri, maupun di luar negeri.

“Kami sebagai generasi muda ingin ikut memajukan UKM. Selama pandemi Covid-19, kami juga mengembangkan penjualan secara daring. Semoga kedai kami dapat terus maju bersama kopi lokal serta membawa nama kopi Indonesia ke pasar global,” ucap dia.

Baca juga: Hadapi New Normal, Ini yang Dilakukan Kopi Kenangan

Volume ekspor kopi Indonesia pada Januari hingga April 2020 sebesar 158.780 ton, atau tumbuh 1,34 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2019 lalu.

Sejak 2017 hingga April 2020, volume ekspor kopi Indonesia terbanyak dilakukan ke Filipina, Amerika Serikat, Malaysia, Jepang dan Italia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com