Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maret-Juni 2020, KoinWorks Kucurkan Pinjaman Rp 250 Miliar untuk UMKM

Kompas.com - 16/09/2020, 16:06 WIB
Elsa Catriana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO & Co-founder KoinWorks Benedicto Haryono menyatakan, selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Maret-Juni 2020, pihaknya telah memberikan pinjaman hingga Rp 250 miliar. 

KoinWorks pun melaporkan rasio kredit macet atau Non Performing Loan (NPL) di kisaran angka 1 persen.

"Kami selalu siap untuk memberikan pendampingan melalui ragam layanan keuangan yang dapat menjawab kebutuhan finansial untuk personal dan pelaku bisnis di tengah situasi yang sangat menantang seperti ini," ujar Benedicto dalam siaran pers, Rabu (16/9/2020).

Baca juga: KoinWorks Tercatat sebagai Penyelenggara Inovasi Keuangan Digital Klaster Aggregator

Menurutnya, melihat mayoritas pembiayaan di KoinWorks yang disalurkan kepada pelaku UKM Digital, pihaknya optimistis pada penerapan PSBB yang kembali diberlakukan kali ini, dapat lebih adaptif lagi.

KoinWorks pun memprediksi hanya akan ada sekitar 2 persen peminjam yang sebelumnya mendapatkan restrukturisasi, yang mungkin akan kembali memerlukan pendampingan lebih di periode PSBB kali ini.

Selain itu Benedicto juga mengatakan, saat ini pihaknya terus fokus melakukan pendampingan melalui berbagai inisiatif program.

Ini antara lain lewat webinar edukasi melalui program DiaLokal yang mengangkat mengenai pengembangan bisnis untuk pelaku UKM, gerakan #LokalSupportLokal yang diinisiasikan untuk membantu UKM, mempromosikan usahanya terutama di masa pandemi, juga program restrukturisasi pinjaman bagi peminjam terdampak. 

Baca juga: Beli Obligasi Negara Kini Bisa di KoinWorks


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com