Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapkan Bank Digital, RUPST BNI Setujui Akuisisi Bank Mayora

Kompas.com - 15/03/2022, 21:05 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pemegang saham PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menyetujui pengambilalihan saham atau akuisisi Bank Mayora. Hal ini diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar hari ini, Selasa (15/3/2022).

Direktur Keuangan BNI Novita Widya Anggraini mengatakan, ditargetkan proses akuisisi Bank Mayora bisa rampung paling cepat pada akhir April 2022.

"RUPST menyetujui aksi korporasi untuk pengambilalihan saham PT Bank Mayora. Harapannya semua berjalan lancar, sehingga seluruh persetujuan dan persyaratan terkait dengan rencana pengambilalihan dapat selesai pada akhir April atau awal Mei 2022,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Selasa (15/3/2022).

Baca juga: BNI Bakal Sulap Bank Mayora Jadi Bank Digital UMKM

Sementara itu, Direktur Utama BNI Royke Tumilaar menambahkan, seiring dengan disetujuinya akuisisi Bank Mayora oleh pemegang saham, maka perseroan akan menindaklanjuti proses aksi korporasi itu dalam waktu dekat.

Ia mengatakan, bersamaan dengan akuisisi tersebut, negosiasi yang dilakukan dengan tech partner untuk mendukung pengembangan Bank Mayora menjadi bank digital pun sudah menuju tahap finalisasi.

"Jadi sambil jalan (akuisisi), sambil kami selesaikan negosiasi dengan tech partner. Mudah-mudahan sebelum nanti kita IPO, tech partner itu sudah jadi partner baru dari Bank Mayora yang kami akuisisi," jelas Royke.

Baca juga: Bank Mayora Bakal Diakuisisi BNI, Bagaimana Nasib Karyawannya?

Sebelumnya, BNI berencana menjadikan Bank Mayora sebagai bank digital yang fokus bergerak pada segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Lantaran perseroan saat ini belum maksimal menggarap segmen UMKM.

Setelah proses akuisisi rampung, BNI akan menggengam sekitar 1,19 miliar saham atau mewakili 63,92 persen dari total saham yang ditempatkan dan disetor dalam Bank Mayora. Sementara sisanya 673,31 juta saham atau 36,08 persen akan dipegang oleh PT Mayora Inti Utama.

Baca juga: BNI Bakal Akuisi 63,9 Persen Saham Bank Mayora

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com