Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Wirausaha: Pengertian, Tujuan, Karakteristik, dan Contohnya

Kompas.com - 05/09/2023, 14:00 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com Wirausaha adalah salah satu faktor yang mampu mendorong perekonomian negara. Kegiatan wirausaha dinilai dapat membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran melalui pembukaan lapangan kerja. Lalu, apa itu wirausaha

Pengertian wirausaha

Secara bahasa, wirausaha adalah gabungan dari dua kata yaitu wira dan usaha. Wira berarti prajurit, pahlawan, moral, orang yang mulia, akhlak mulia dan keberanian. Sedangkan usaha adalah perbuatan, melakukan sesuatu, dan bekerja.

Dalam bahasa Inggris, kewirausahaan atau wirausaha dikenal dengan istilah entrepreneurship. Dan orang yang melakukan kegiatan usaha disebut wirausahawan.

Baca juga: KAI Tambah 4 Gerbong Kereta Panoramic Tahun Ini

Secara harfiah, pengertian wirausaha adalah orang yang menghasilkan produk, menentukan cara produksi, menyelenggarakan kegiatan membeli produk baru guna mengatur permodalan dan pemasaran.

 

Dalam pengertian lain, wirausaha adalah individu yang menciptakan, mengelola, dan menjalankan bisnis atau usaha sendiri.

Wirausaha seringkali diidentifikasi oleh kemampuan mereka untuk mengidentifikasi peluang bisnis, mengembangkan ide bisnis, mengumpulkan sumber daya, dan mengambil risiko dalam upaya untuk mencapai kesuksesan finansial dan pertumbuhan usaha.

Sederhananya, wirausaha adalah proses mendefinisikan, mengembangkan, dan mencapai visi yang berpuncak pada berdirinya sebuah bisnis atau usaha.

Baca juga: Laba Bersih White Horse Melonjak 129 Persen

 

Tujuan wirausaha

Kegiatan wirausaha tentu memiliki banyak tujuan, mulai dari mendapatkan keuntungan, hingga menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat. Nah, berikut adalah beberapa tujuan kewirausahaan atau wirausaha:

1. Mendapatkan keuntungan

Salah satu tujuan utama dari wirausaha tentu saja adalah untuk menghasilkan keuntungan finansial. Wirausahawan ingin menciptakan bisnis yang menghasilkan pendapatan yang stabil dan berkelanjutan.

2. Mengembangkan ide bisnis

Bagi sebagian orang, tujuan wirausaha adalah untuk mengembangkan ide inovatif atau produk dan memperkenalkannya ke pasar. Tujuannya adalah untuk melihat ide ini menjadi kenyataan dan sukses di pasaran.

3. Menciptakan lapangan kerja

Wirausaha dapat memiliki tujuan sosial, seperti menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Mereka ingin memberikan peluang pekerjaan kepada komunitas mereka dan membantu mengurangi tingkat pengangguran.

Baca juga: OJK Sebut AJB Bumiputera Telah Bayar Klaim ke 43.808 Pemegang Polis

4. Mengatasi masalah sosial atau lingkungan

Sebagian wirausaha fokus pada menciptakan bisnis yang dapat memecahkan masalah sosial atau lingkungan. Tujuannya adalah memberikan solusi yang berkelanjutan bagi masalah-masalah seperti polusi, ketidaksetaraan, atau kelaparan.

5. Mengembangkan kreativitas dan keahlian

Bagi beberapa individu, menjadi seorang wirausaha adalah cara untuk mengembangkan kreativitas dan keahlian mereka dalam industri atau bidang tertentu.

6. Mengendalikan waktu dan kebebasan finansial

Banyak wirausaha mengejar kebebasan dalam hal pengaturan waktu dan keuangan. Mereka ingin memiliki kendali atas jadwal mereka dan tidak bergantung pada pekerjaan yang dibayar oleh orang lain.

Baca juga: Golden Visa Indonesia: Pengertian, Syarat, Tarif, dan Manfaatnya

7. Meningkatkan kualitas hidup

Tujuan wirausaha juga dapat mencakup meningkatkan kualitas hidup mereka sendiri dan keluarga mereka. Ini mungkin mencakup pelayanan pendidikan yang lebih baik, perjalanan, atau pemenuhan keinginan pribadi lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com