Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Distributor Setop Jual Beras Sumo di Pasaran

Kompas.com - 07/09/2023, 08:40 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Tiga Sedulur Djaja selaku distributor utama beras Sumo mengumumkan akan memberhentikan distribusi beras Sumo di Tanah Air hingga waktu yang belum bisa ditentukan.

Hal tersebut pun dibenarkan manajemen PT Tiga Sedulur Djaja saat dikonfirmasi Kompas.com pada Kamis (7/9/2023).

"Iya, itu benar. Sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan," ujar salah satu manajemen.

Sementara itu, Chief Business Officer PT Tiga Sedulur Djaja Hengky Wibowo melalui akun resmi instagram @berassumo. mengatakan, pemberhentian distribusi beras Sumo itu dilakukan menyusul pabrik perusahaan beras tersebut, yakni PT Sinar Makmur Komoditas berhenti melakukan produksinya.

Baca juga: Indonesia Batal Impor Beras dari India, Ini Alasannya

"Dengan berat hati kami memberitahukan bahwa per bulan September 2023 kami akan melakukan pemberhentian untuk distribusi beras Sumo di seluruh wilayah distributor kami hingga waktu yang belum bisa ditentukan," bunyi isi pengumuman tersebut, dikutip Kompas.com, Rabu (6/9/2023).

Dalam pengumuman itu dijelaskan, produsen berhenti memproduksi beras Sumo lantaran banyaknya tantangan yang dihadapi pada bisnis komoditas tersebut. Misalnya penurunan jumlah supply yang signifikan, hingga kenaikan harga bahan baku yang semakin sulit di kendalikan.

Baca juga: India Setop Ekspor, Harga Beras Dunia Melonjak

Sementara di sisi lain, perusahaan harus bisa menjual produk beras Sumo sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditentukan oleh pemerintah dan standar kualitas yang sesuai untuk beras premium dengan cara yang baik dan benar.

"Kami telah mencoba mengusahakan yang terbaik agar Sumo tetap bisa hadir dan dinikmati oleh seluruh konsumen kami. Namun, perjuangan kami telah sampai ke batas maksimal kemampuan yang dapat kami tanggung, yang sudah tidak mungkin mampu kami kendalikan dan kontrol lagi," tulis Hengky.

Baca juga: Strategi Pemerintah Redam Kenaikan Harga Beras, Apa Saja?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com