Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
HILIRISASI INDUSTRI

Torehan PT GNI terhadap Pembangunan Morowali Utara dan Keselamatan Karyawan

Kompas.com - 05/10/2023, 15:13 WIB
Hotria Mariana,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Morowali Utara, Sulawesi Tengah (Sulteng), merupakan salah satu daerah yang menjadi pusat investasi industri nikel di Indonesia. Di sana, berdiri PT Gunbuster Nickel Industry (GNI), perusahaan pengolahan dan pemurnian nikel yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 2021.

Bergerak di industri smelter yang rentan terhadap risiko kecelakaan kerja, PT GNI begitu mengedepankan prosedur keamanan kerja. Hal ini dilakukan bukan hanya demi kelancaran usaha, melainkan juga sebagai upaya menjaga keamanan dan keselamatan para pekerja.

Semenjak berdiri, orientasi PT GNI pun tidak terpaku pada keuntungan semata. Perusahaan ini turut memperhatikan, bahkan sudah memberikan dampak positif bagi Morowali Utara dan Sulteng secara luas.

Dorong perekonomian provinsi

Berdasarkan Laporan Perekonomian Provinsi Sulawesi Tengah yang dikeluarkan Bank Indonesia, Sulteng mengalami pertumbuhan ekonomi sepanjang 2022, mulai dari 10,49 persen pada triwulan I menjadi 11,17 persen pada triwulan II. Tren ini berlanjut hingga triwulan III yang berjumlah 19,13 persen. Hanya saja, triwulan IV sedikit menurun ke 18,96 persen.

Eksistensi dan kinerja industri pengolahan yang terus berkembang menjadi salah satu pendorong capaian tersebut, mulai dari 15,61 persen pada triwulan I menjadi 19,99 persen pada triwulan II. Kemudian, melonjak jadi 41,34 persen pada triwulan III dan 41,90 persen pada triwulan IV.

Masifnya perkembangan industri pengolahan terjadi karena peningkatan hilirisasi mineral dan batu bara (minerba) yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Salah satunya, terkait dengan kegiatan yang dilakukan PT GNI.

Baca juga: Komitmen PT GNI Dukung Keselamatan Kerja Karyawan dan Berkontribusi untuk Dunia Pendidikan

Sumbang pendapatan daerah

Kabupaten Morowali Utara merupakan daerah otonomi baru (DOB) hasil pemekaran dari Kabupaten Morowali yang disahkan pada 12 April 2013.

Sebagai daerah baru, pembangunan otomatis menjadi salah satu fokus utama pemerintah setempat. Ketersediaan infrastruktur dan fasilitas yang memadai diperlukan agar masyarakat Kabupaten Morowali Utara merasakan hidup dengan nyaman.

Sayangnya, untuk mewujudkan semua itu, biaya yang diperlukan tidaklah sedikit. Di sinilah, PT GNI berperan. Sejak berdiri, perusahaan telah menyetorkan banyak kontribusinya terhadap Kabupaten Morowali Utara untuk membantu pembangunan setempat di berbagai sektor.

Pihak PT GNI mengatakan, ketaatan perusahaannya dalam membayar pajak tidak semata taat terhadap perundang-undangan yang berlaku. PT GNI ingin memberikan kontribusi bagi Kabupaten Morowali Utara lewat kewajiban tersebut.

“PT GNI dan Pemkab Morowali Utara bekerja sama untuk membangun daerah,” ujarnya.

Baca juga: Ciptakan Lingkungan Kerja Harmonis, PT Gunbuster Nickel Industry Gelar Seminar Pertukaran Budaya Indonesia-Tiongkok

Serap talenta lokal

Sebagai perusahaan yang beroperasi di Morowali Utara, PT GNI memiliki komitmen untuk memberdayakan masyarakat setempat dengan menyerap tenaga kerja lokal.

Saat awal berdiri, PT GNI telah mempekerjakan sebanyak 4.000 pekerja. Kini, jumlah tersebut meningkat hingga lebih dari 12.000 pekerja. Penyerapan tenaga kerja akan terus berlanjut seiring dengan perkembangan model bisnis, teknologi, dan pengetahuan di Indonesia.

Menurut rencana, ketika semua proyek di wilayah industri tempat PT GNI beroperasi telah selesai, jumlah tenaga kerja lokal yang diterima dapat mencapai 20.000 orang. Angka ini cukup besar untuk mengisi kebutuhan tenaga kerja Indonesia di berbagai tingkatan pekerjaan, termasuk manajerial, di pabrik pengolahan tersebut.

Selain itu, sebagai perusahaan yang sangat mementingkan keamanan dan keselamatan, PT GNI juga akan memberikan pelatihan dan pengembangan kompetensi bagi karyawan lokal agar dapat meningkatkan kualitas dan produktivitas kerja.

Baca juga: Tekan Risiko Kecelakaan Kerja, Begini Regulasi dan Prosedur Keamanan di PT GNI

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com