Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IFG Life Rampungkan Pengalihan Polis Jiwasraya Tahun Ini

Kompas.com - 26/10/2023, 20:15 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) menargetkan pengalihan polis dari Jiwasraya dapat rampung tahun ini.

Direktur Utama IFG Life Harjanto Tanuwidjaja mengatakan, perusahaan bertugas memulihkan kepercayaan masyarakat terhadap industri asuransi.

"Pada akhir tahun ini ditargetkan semua pengalihan polis Jiwasraya bisa selesai,” kata dia dalam keterangan resmi, Kamis (26/10/2023).

Baca juga: IFG Life Sudah Restrukturisasi 81 Persen Polis Eks Jiwasraya

Ia menjelaskan, sampai dengan saat ini liabilitas yang sudah dialihkan Rp 31 triliun kepada IFG Life. Di sisi lain, IFG Life telah membayarkan klaim senilai Rp 9,4 triliun.

"Masih tersisa Rp 7,4 triliun yang belum dialihkan dan pemerintah memiliki komitmen untuk segera menyelesaikan itu akhir tahun ini,” imbuh dia.

Harjanto mengatakan industri asuransi di Indonesia menghadapi tantangan cukup berat dalam beberapa tahun terakhir.

Hal itu turut berimbas pula pada level kepercayaan orang terhadap industri asuransi. Ia menilai, permasalahan yang timbul disebabkan oleh beberapa faktor.

Baca juga: Bakal Tuntaskan Polis Jiwasraya, DPR Restui PMN Rp 6,5 Triliun untuk IFG Life

Beberapa faktornya antara lain adanya model bisnis yang cenderung kepada produk berbasis investasi dan menjanjikan imbal hasil relatif tinggi untuk jangka panjang.

Selain itu, ada juga masalah manajemen risiko dan tata kelola pengelolaan investasi yang kurang memadai serta kurangnya sharing pemahaman dalam proses penjualan produk asuransi

Untuk itu, IFG Life fokus pada model bisnis baru yakni pengembangan produk asuransi jiwa dan kesehatan yang fokus pada proteksi.

Baca juga: Gandeng BTN, IFG Life Bakal Pasarkan Produk Asuransi untuk Nasabah KPR

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com