Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Budiman Sudjatmiko Mundur dari Komisaris PTPN V Usai Gabung TKN Prabowo-Gibran

Kompas.com - 07/11/2023, 13:09 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Budiman Sudjatmiko menyatakan dirinya akan mundur dari posisi Komisaris Idependen PT Perkebunan Nusantara V (PTPN V) usai resmi bergabung dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ia menuturkan, saat ini surat pengunduran diri dari jabatan komisaris BUMN perkebunan tersebut sedang disusun. Menurutnya surat pengunduran diri akan diserahkan besok ke pejabat terkait di PTPN maupun Kementerian BUMN.

"Ini disusun dulu (surat pengunduran diri) dan baru akan diserahkan besok," ujarnya ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (7/11/2023).

Baca juga: Gabung TKN Prabowo-Gibran, Arief Rosyid Mundur dari Komisaris BSI

Secara rinci, surat pengunduran dirinya akan diserahkan ke Menteri BUMN Erick Thohir dan Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Mohammad Abdul Ghani. Adapun PTPN III merupakan holding yang membawahi seluruh BUMN perkebunan.

Selain itu, surat pengunduran diri juga akan disampaikan ke Direktur Utama PTPN V Jatmiko Krisna Santosa dan Komisaris Utama PTPN V Fauzi Yusuf.

"Tembusan juga akan saya serahkan kepada Wakil Menteri BUMN (Kartika Wirjoatmodjo) dan Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN (Tedi Bharata)," ungkap Budiman.

Baca juga: Anies dan Prabowo Mau Bentuk Badan Penerimaan Pajak, Pengamat Sebut Tak Mendesak

Adapun Budiman diangkat Erick Thohir menjadi Komisaris Idependen PTPN V pada Januari 2021. Hampir 3 tahun tergabung di BUMN, kini Budiman memilih mundur untuk menjabat sebagai Dewan Pakar dalam TKN pasangan bakal capres-cawapres Prabowo-Gibran.

Budiman menjadi salah satu dari 270 orang yang tergabung dalam formasi tim sukses (timses) Prabowo-Gibran untuk Pilpres 2024.

Sebelumnya, selain Budiman, ada Muhammad Arief Rosyid Hasan yang juga mengundurkan diri dari jabatan Komisaris Independen PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), seiring bergabungnya dia dalam TKN Prabowo-Gibran.

Arief masuk dalam timses Prabowo-Gibran sebagai Ketua Komandan Pemilih Muda pada Pilpres 2024. Ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Direktur TKN Milenial Jokowi-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019.

Baca juga: Pengamat Pertanyakan Target Pertumbuhan Ekonomi Prabowo-Gibran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com