Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eskalator Stasiun Bekasi Tak Bisa Digunakan Berbulan-bulan, Kemenhub Ungkap Penyebabnya

Kompas.com - 22/11/2023, 10:43 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Risal Wasal membeberkan penyebab lamanya perbaikan eskalator di Stasiun Bekasi.

Risal menjelaskan, perbaikan eskalator di stasiun KRL Jabodetabek ini membutuhkan waktu lama karena mengalami beberapa kendala, seperti perlu menjalani proses lelang dan suku cadang yang dibutuhkan harus diimpor.

"(Hambatan) pertama karena lelang dan posisi lelang ada waktunya. Nanti kalau kita tunjuk langsung malah ada masalah, makanya perlu lelang semuanya. Kedua, barangnya impor dan di saat ini agak lama prosesnya," ujarnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Baca juga: DAMRI Sediakan Bus Rute Bandara Soekarno-Hatta ke Stasiun KCIC Halim

Kondisi eskalator di Stasiun Bekasi akses Jalan Perjuangan yang mati, Senin (6/11/2023). Eskalator itu tak kunjung diperbaiki. Dalam catatan Kompas.com, kondisi ini sudah terjadi setidaknya sejak bulan Oktober lalu.KOMPAS.com/Joy Andre T. Kondisi eskalator di Stasiun Bekasi akses Jalan Perjuangan yang mati, Senin (6/11/2023). Eskalator itu tak kunjung diperbaiki. Dalam catatan Kompas.com, kondisi ini sudah terjadi setidaknya sejak bulan Oktober lalu.

Dia memastikan, proses perbaikan eskalator Stasiun Bekasi dapat dirampungkan dalam kurun waktu sepekan ke depan sehingga masyarakat bisa segera menggunakan fasilitas stasiun tersebut.

"Untuk Bekasi sudah mulai kita perbaiki, kan bertahap posisinya, insya Allah dalam seminggu ini sudah selesai bisa jalan," ucap Risal. 

Dalam proses perbaikan ini, Kemenhub juga memperhatikan usulan-usulan dari masyarakat. Misalnya seperti mengganti vendor eskalator yang kurang maksimal pengerjaannya.

"Nah (usulan) itu saya setuju, kalau memang vendornya enggak keren kita kaji," kata dia.

Baca juga: Ada Konser Coldplay, KAI: Jumlah Penumpang di Stasiun Gambir Meningkat 30 Persen

Sebagai informasi, eskalator di berbagai stasiun KRL Jabodetabek banyak dilaporkan masyarakat mengalami masalah, mulai dari eskalator di Stasiun Bekasi, Stasiun Manggarai, hingga Stasiun Palmerah.

Untuk di Stasiun Manggarai, Risal memastikan eskalator yang bermasalah di peron 12 dan 13 sudah mulai dioperasikan sejak Selasa (21/11/2023) kemarin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com