Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Mandiri Sekuritas Dorong Minat Investasi Tahun 2024

Kompas.com - 01/12/2023, 16:30 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Mandiri Sekuritas Oki Ramadhana mengatakan, tahun depan merupakan tahun di mana ketidakpastian akan membayangi pergerakan pasar.

Dia mengatakan, kinerja ekonomi dan situasi geopolitik global yang tidak pasti merupakan tantangan tersendiri bagi banyak bisnis di Indonesia secara umum.

“Menghadapi hal tersebut, Mandiri Sekuritas mencoba untuk berfokus kepada peningkatan core business kami. Kami juga meningkatkan sinergi dengan Bank Mandiri Group untuk memperluas captive market serta ekosistem perbankan Mandiri,” kata Oki kepada Kompas.com, Jumat (1/12/2023).

Baca juga: Semester I-2023, Mandiri Sekuritas Bawa 4 Perusahaan Go Public

Ilustrasi investasi.SHUTTERSTOCK/GOPIXA Ilustrasi investasi.

Oki mengungkapkan, tahun depan pasar juga dihadapkan pada tantangan lain yakni pertumbuhan teknologi digital yang pesat membuat persaingan juga semakin tinggi.

Menurut dia, hal ini perlu terus diimbangi dengan inovasi digital serta layanan dan edukasi nasabah, di samping pengembangan teknologi digital untuk operasional perusahaan yang dibarengi dengan sumber daya manusia yang mumpuni.

Oki memperkirakan, perekonomian Indonesia akan terus berkembang dan resilien terhadap situasi menantang karena beberapa alasan.

Pertama, pemerintah telah menerapkan konsolidasi fiskal pasca krisis pandemi, menciptakan ruang fiskal yang luas untuk melawan dampak tingginya harga energi dan pangan serta perlambatan ekonomi global melalui subsidi dan insentif fiskal yang lebih tinggi.

Baca juga: Mandiri Sekuritas Pertahankan Target IHSG Tahun Ini di Level 7.510

Kedua, kuatnya pasar domestik Indonesia akan menjadi bantalan di tengah perlambatan global. Konsumsi swasta yang kuat, yang biasanya terjadi pada tahun pemilu, akan memberikan dorongan terhadap pertumbuhan ekonomi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com