Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Posko Nataru Pantau Lalu Lintas Laut di Kepulauan Seribu

Kompas.com - 01/01/2024, 15:52 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam hal ini Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kepulauan Seribu memiliki Posko Penyelenggaraan Angkutan Laut Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Pembentukan posko tersebut berdasarkan Keputusan Kepala Kantor Nomor : KP.004 / 25/17 /KSOPKS-2023.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Kepulauan Seribu, Mu'min mengatakan, pelaksanaan Posko Penyelenggaraan Angkutan Laut Nataru 2023-2024 KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu telah dimulai dari 18 Desember 2023 hingga 8 Januari 2024.

Baca juga: Malam Tahun Baru, LRT Jabodebek Beroperasi hingga Jam 2 Pagi

"Pelaksanaan posko ini dilakukan setelah pembukaan Posko Pusat Penyelenggaraan Angkutan Laut Nataru 2023-2024 di Terminal Penumpang Nusantara, Tanjung Priuk, Jakarta," kata Mu'min dalam konferensi pers Senin (1/1/2024).

Mu'min mengatakan, Posko Penyelenggaraan Angkutan Laut Nataru 2023-2024 di wilayah KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu memiliki 6 Posko yakni Posko Kaljapat, Posko Pulau Untung Jawa, Posko Pulau Pramuka, Posko Pulau Tidung, Posko Pulau Pari, serta Posko Pulau Kelapa dan Harapan.

Selain itu, selama kegiatan Nataru 2023-2024, KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu juga menurunkan seluruh anggota yang terdiri atas PNS PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) dan PPNPN (Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri).

Baca juga: Antrean Panjang, Kemenhub Sediakan Shuttle Bus Gratis ke Bandara Ngurah Rai

"Petugas bersama kepala wilayah kerja selaku penanggung jawab posko di setiap pulau juga mengimbau kepada para nakhoda dan pengguna jasa penyeberangan untuk selalu tertib ketika proses embarkasi dan debarkasi di dermaga," ujarnya.

"Tak hanya itu, semua yang ada di dalam kapal diimbau untuk selalu menggunakan lifejacket sebelum berlayar," sambungnya.

Mu'min berharap, KSOP Kepulauan Seribu ke depannya lebih meningkatkan kualitas dalam melayani masyarakat yang ingin berparwisata ke Pulau Pari, Pulau Untung Jawa, Pulau Kepala dan Harapan, Pulau Tidung, serta Pulau Pramuka.

Baca juga: Kemenhub Temukan 3 Maskapai Langgar Batas Atas Tarif Pesawat

"Dengan demikian dapat membantu mendapatkan liburan yang aman dan nyaman sekaligus meningkatkan keselamatan pelayaran," kata dia.

Lebih lanjut, Mu'min mengatakan, berdasarkan data KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu, jumlah pengguna jasa penyeberangan dari 25-31 Desember selama Nataru mencapai 20.919 orang.

Sementara pengunjung bertolak atau pulang mencapai 19.142 orang. Adapun bila dibandingkan dengan data pada 18 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023, jumlah pengunjung mengalami peningkatan.

"Pada periode itu, jumlah pengunjung yang tiba mencapai 17.799 orang. Sementara pengunjung bertolak atau pulang mencapai 17.590 orang," ucap dia.

Baca juga: Penumpang Diprediksi Meningkat 5 Persen Saat Nataru, Kemenhub Pastikan Kesiapan 1.354 Kapal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com